KITA BERHAK BAHAGIA

KITA BERHAK BAHAGIA

Ada dua alasan utama yang menyebabkan banyak dari kita tidak menjalani kehidupan yang lebih berwarna, enerjik, bersemangat, meyakinkan, dan menginspirasi. Pertama, kita belum berusaha keras untuk mengatasi perasaan negatif yang telah berkembang bertahun-tahun. sebagian dari kita merasa tidak cukup pintar, tidak beruntung, dan tidak berhak mendapatkan hidup yang lebih baik sehingga menerima hidup yang biasa-biasa saja.
Alasan kedua, telah membiarkan orang lain yang menentukan kebahagiaan kita. Jika ingin dianggap bernilai di dunia, kita harus berpenampilan baik, berpendidikan, berprestasi, mapan, dan pintar. Siapa yang membuat aturan itu? Orang lain! Mereka adalah orang yang tidak sempurna yang hanya memikirkan kepentingan pribadi, orang yang tidak mengetahui apa yang sebenarnya mereka inginkan, orang yang banyak bicara namun tak berisi, orang yang memainkan permainan psikologis.
Inilah saatnya untuk melihat makna kehidupan yang sebenarnya. Kebahagiaan bukan milik mereka yang beruntung, kuat, mapan, menarik atau populer. Kebahagiaan hidup sejati adalah milik mereka yang mampu memandang kehidupan dalam arti sebenarnya, yaitu sebuah pengalaman yang kompleks dan menakjubkan.
Tujuh Konsep Dasar Kesuksesan

  1. Ketika bereaksi terhadap orang lain secara negatif, kita kadang tidak menyadari pengalaman seperti apa yang mereka rasakan. Mereka mungkin marah, frustasi, dan bingung. Jika orang lain memperlakukan kita dengan buruk dan kita membiarkan pengalaman ini membuat kita tidak merasa senang, berarti kita bersikap tidak adil terhadap diri sendiri dengan menganggap bahwa perasaan negatif orang lain ditujukan pada kita. Dalam banyak kasus, hal ini sangat tidak benar.
  2. Beberapa masalah yang tidak kita sebabkan akan terjadi dalam hidup. Hidup tidak ditentukan oleh keberuntungan. Apapun yang kita inginkan dalam hidup, harus kita kejar. Ketika menyadari bahwa tidak ada yang akan jatuh ke pangkuan kita begitu saja, kita bisa mulai bertanggung jawab atas kebahagiaan sendiri.
  3. Kita memiliki kekuatan pribadi lebih dari yang kita sadari. Kita semua memiliki potensi untuk berdiri sendiri.
  4. Kita harus menyadari nilai sejati kita sebagai manusia. Walau kita tidak semenarik, semapan, atau sepintar orang lain, kita masih punya nilai dan tujuan. Jika kita tidak menyadari betapa berharganya kita, dunia akan melindas kita.
  5. Kita perlu menyediakan waktu untuk memikirkan mengapa kita bertindak dengan cara tertentu. Kita semua memiliki kekurangan dalam karakter. Jika tidak menyadari ketidaksempurnaan ini, kita akan mengulangi pola negatif tersebut tanpa menyadarinya.
  6. Jika kita mendapat sesuatu yang tidak menyenangkan, kita perlu menyeimbangkan kekurangan kita, bukan malah menghabiskan hidup dengan depresi.
  7. Cobalah memandang hidup sebagaimana adanya, bukan seperti yang kita inginkan atau pikirkan seharusnya terjadi. Kita sering hidup di dalam dunia kecil kita, bukan dalam realitas. Jika tidak mampu melihat pengalaman sebelumnya, kita ditakdirkan hidup di dalam gelembung kecil kita. Mungkin kehilangan kesempatan besar untuk bahagia.

Hambatan terbesar yang menjauhkan kita dari hidup yang bermakna adalah kurangnya dorongan. Ada banyak informasi yang tersedia untuk membantu kitab mengubah hidup, tetapi informasi tersebut tidak berguna jika kita tidak mau berubah.
Dari You Can Change Your Life, AIM FOR SUCCESS

Silahkan komentar, senang bisa berbagi :-)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s