Inspirasi Senja Hari : The Power of Emper Mesjid

Awan mendung bergelayut di atap langit, meski begitu matahari senja masih saja berbagi tempat dengan sang awan mendung. Langit sebagian terang, sebagian kelabu. Selesai liputan, aku beranjak ke mesjid kampus, duduk santai berpangku netbook seorang teman, mulai mengukir kalimat demi kalimat untuk menyusun naskah berita. Sementara, kosong. Loading…

Tebersit berbagai gagasan saat seorang kawan inspiratif menyodorkanku sebuah tema yang unik “The Power of Emper Mesjid”. Sebuah topik yang sebenarnya tidak begitu asing bagiku, karena sebelumnya aku pernah mengulas tentang poros utama Ikomah, mesjid di areal kampus, serta sekilas tentang keadaan serambi mesjid provinsi di Alun-alun.

Emper, sebuah kata yang mungkin terdengar “rendah” alias kelas bawah. Kaum urban akrab dengan ungkapan “emper jalanan”, lalu bagaimana dengan emper mesjid? Meskipun emper, jangan remehkan zona yang satu ini. Betapa penghidupan dan sumber energi bisa berawal dari sebuah emper mesjid. Sering aku amati, emper mesjid Alun-Alun yang tak pernah sepi dari hiruk-pikuk manusia kota. Berbagai aktivitas mulai dari sekedar mengobrol, “botram” jajanan kaki lima, mengemis, bahkan menunggu orang dengan tatapan kosong. Emper mesjid dijadikan sebagai sumber pendapatan bagi para pedagang kaki lima menjajakan dagangannya. Begitu variatif, meski berjamurnya para kaki lima ini merusak keindahan tata kota, rezeki yang mereka dapatkan tak bisa dipungkiri. Walaupun sewaktu-waktu harus main “petak umpet” dengan petugas satpol PP.

Selain itu, zona emper mesjid menjadi sumber kekuatan meraup gagasan dan sumber daya pergerakan mahasiswa, benih-benih baru direkrut di zona ini, mulai dari pergerakan fundamentalis, komunitas kreatif, bahkan barisan bawah tanah berawal dari emper mesjid. Ide-ide segar mengenai gagasan perubahan pun bermula dari zona ini. Betapa emper mesjid tidak dapat disepelekan, menjadi satu zona kekuatan menggalang perubahan dan pergerakan.

Tulisan ini sejatinya hanya pengantar dan memberikan gambaran awal sebelum mengangkat fenomena unik lainnya seputa Emper Mesjid. Dan berakhir dengan pertanyaan retoris, bagaimana emper mesjid di sekitarmu???

Silahkan komentar, senang bisa berbagi :-)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s