Diposkan pada Dunia Kampus

Arti Sebuah Kerinduan

Mana mungkin aku memungkiri, bahwa dari sudut hati ini aku merasakan rindu yang menjalar, sementara bias-bias air mata mengaliri pipi saat kukenang masa itu kemarin. Serasa baru sedetik lalu, aku merasakan emosi, suasana baru yang masuk dalam kehidupanku. Meski cuma 30 hari. Ya! 30 hari saja yang begitu meninggalkan jejak emosi dalam diri.

Saat di sana, yang kurasakan hanyalah rasa sebal, ketidaknyamanan, rasa ingin pulang alias homesick yang hebat mendera. Hingga saat tak ada siapapun di kamar, aku menangis mengeluhkan diri yang begitu tertindas keadaan. Zona nyaman itu terusik begitu keras.

Bentakan, cacian, makian, yang kudengar dari mereka, orang-orang satu atap atas nama kuliah kerjanyata mahasiswa, kadang membuatku muak setengah mati. Meski begitu, aku kini rindu semuanya. Canda tawa yang menghiasi hari-hari kami di antara perasaan sensitif yang mudah terusik lisan tak terjaga. Aku rindukan itu. Tak dapat kupungkiri. Rasa ini menjalar ketika episode memuakkan itu benar-benar telah berakhir, ditutup waktu, diakhiri sebuah seremoni bernama pelepasan di sebuah balai desa yang akrab dengan keseharian kami, tempat bermain bersama.

Kokok ayam, tanah basah, kabut mengembun, nafas yang menghembuskan uap dingin, dan suara mp3 yang hingar bingar, semuanya akrab dalam keseharianku. Setiap pagi menyeduh sereal atau kopi susu dengan sentuhan diri yang haus akan kehangatan (karena terbiasa berteman dengan dingin). Sungguh, aku rindu semua itu.

Kini aku mengerti arti sebuah kerinduan, yang tercipta dari jarak dan masa. Yang hanya bisa dikenang dalam ingatan…

Iklan

Penulis:

Aku ingin punya ruang yang cukup tuk ekspresikan semua ide dan gagasanku untuk berbagi dengan yang lain. Di sinilah ruang itu...

Ditandai:

Satu tanggapan untuk “Arti Sebuah Kerinduan

Silahkan komentar, senang bisa berbagi :-)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s