Arti Sebuah Kerinduan

Mana mungkin aku memungkiri, bahwa dari sudut hati ini aku merasakan rindu yang menjalar, sementara bias-bias air mata mengaliri pipi saat kukenang masa itu kemarin. Serasa baru sedetik lalu, aku merasakan emosi, suasana baru yang masuk dalam kehidupanku. Meski cuma 30 hari. Ya! 30 hari saja yang begitu meninggalkan jejak emosi dalam diri.

Saat di sana, yang kurasakan hanyalah rasa sebal, ketidaknyamanan, rasa ingin pulang alias homesick yang hebat mendera. Hingga saat tak ada siapapun di kamar, aku menangis mengeluhkan diri yang begitu tertindas keadaan. Zona nyaman itu terusik begitu keras.

Bentakan, cacian, makian, yang kudengar dari mereka, orang-orang satu atap atas nama kuliah kerjanyata mahasiswa, kadang membuatku muak setengah mati. Meski begitu, aku kini rindu semuanya. Canda tawa yang menghiasi hari-hari kami di antara perasaan sensitif yang mudah terusik lisan tak terjaga. Aku rindukan itu. Tak dapat kupungkiri. Rasa ini menjalar ketika episode memuakkan itu benar-benar telah berakhir, ditutup waktu, diakhiri sebuah seremoni bernama pelepasan di sebuah balai desa yang akrab dengan keseharian kami, tempat bermain bersama.

Kokok ayam, tanah basah, kabut mengembun, nafas yang menghembuskan uap dingin, dan suara mp3 yang hingar bingar, semuanya akrab dalam keseharianku. Setiap pagi menyeduh sereal atau kopi susu dengan sentuhan diri yang haus akan kehangatan (karena terbiasa berteman dengan dingin). Sungguh, aku rindu semua itu.

Kini aku mengerti arti sebuah kerinduan, yang tercipta dari jarak dan masa. Yang hanya bisa dikenang dalam ingatan…

One Comment Add yours

Silahkan komentar, senang bisa berbagi :-)

