(non) Komunikasi kata Larry Gonick

PROLOG

  • Teknologi canggih menyebabkan kebingungan
  • Kita juga punya mesin baru (laptop/netbook) yang dapat membantu menciptakan, menyimpan, mengirim, dan menerima kebingungan sebanyak yang kita mau!!
  • Sekarang kita dikepung “teknologi komunikasi” – mesin fotokopi, mesin faksimil, printer laser, telefon mobil, telepon autodial, e-mail… ya, dikepung!!
  • Jangan salah sangka… saya suka semua ini!!! Saya dapat mengirim faks ke Belgia dalam satu menit… mengirim e-mail ke mana saja dengan sambungan local… mengakses informasi yang dulu tak saya bayangkan… menghabiskan waktu berjam-jam untuk “berkomunikasi”!!!
  • Tapi kadang kita terpaksa bertanya: benarkah semua pengolahan dan penyebaran informasi ini sungguh-sungguh komunikasi? Atau justru sebaliknya? Informasi yang tak kita butuhkan, orang-orang yang tak dapat kita lihat, jargon yang tak kita pahami, motif yang tak bisa kita duga, perasaan yang tak dapat diselami…
  • Bayangkan 100.000 tahun yang lalu, kitaCuma bisa ber-ah-uh sambil memeragakan tubuh!
  • Dan saban-saban kita bertanya: bagaimana gerangan komunikasi memuaskan kebutuhan emosional kita? Apa gerangan akar biologis dan akar budaya komunikasi? Apa yang pas bagi manusia? Bagaimana kita dapat memanfaatkan teknologi untuk berbagi pengetahuan dan makna, ketimbang menyebarkan manipulasi, kecemasan, dan kebingungan?

Larry Gonick. Kartun (non) Komunikasi: Guna dan Salah Guna Informasi dalam Dunia Modern. 2007. Jakarta: KPG (Kepustakaan Populer Gramedia).

Silahkan komentar, senang bisa berbagi :-)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s