Diposkan pada Dunia Kampus

Struggle after Graduated

Dua puluh tahun. Ya, gelar sarjana baru saja kuraih sesaat telah menginjak kepala dua. Kadang, aku merasa semuanya terjadi terlalu cepat. Aku masih ingin terus belajar dan menapaki dunia kampus. Namun, Allah menakdirkanku untuk belajar di kampus kehidupan lebih awal. Saat semua hal yang kutemui begitu kompleks, inilah saatnya membuktikan potensi pada dunia. Bahwa prestasi bukan sekedar IPK yang tinggi. Namun prestasi sebenarnya adalah bagaimana kita dapat membuktikan potensi dan memproporsikan diri  di tengah masyarakat.

Empat tahun sudah kuarungi samudera akademik. Hilir mudik di kampus enam bulan terakhir menempuh tugas akhir bernama skripsi. Datang dan pergi untuk revisi sesekali mengumpulkan referensi. Dan… tibalah saatnya berlabuh pada seremoni wisuda (15/09) di Auditorium yang penuh sesak oleh para calon sarjana. Toga beragam warna menghiasi pemandangan hari itu di kampus yang begitu terik bercampur debu pembangunan. Hiruk-pikuk sanak keluarga memenuhi sudut-sudut kampus. Mereka mencari tempat berteduh seraya menatap pada layar kaca luar ruangan. Menunggu momen putra-putri mereka dipanggil satu per satu ke arena podium.

Aku memandang searah jarum jam 6. Aku berada di tengah-tengah ribuan wisudawan-wisudawati yang mengikuti upacara akademik ini. Beberapa teman sekelasku tak henti menyemburatkan wajah antusias. Sesekali menyimpulkan senyum dengan menunjukkan  medali toga saat kameraku menangkap cahaya.

Selamat datang para sarjana. Gerbang dunia luar kampus telah melambaikan tangan.  Karena… perjuangan baru saja dimulai, gumamku dalam angan. Beragam impian pasca wisuda menari-nari, kadang berebut ruang imajinasi untuk hinggap lebih lama. Banyak pilihan hidup yang menawarkan beragam dinamika.

Perjuangan sebenarnya memang baru dimulai. Saat kuliah susah payah menguasai teori dan memenuhi SKS, maka sekarang waktunya menyesuaikan teori dan aplikasi di dunia nyata yang sering kali berbenturan. Siapkah untuk berjuang kembali?

Wisuda with Classmates.
Iklan

Penulis:

Aku ingin punya ruang yang cukup tuk ekspresikan semua ide dan gagasanku untuk berbagi dengan yang lain. Di sinilah ruang itu...

Silahkan komentar, senang bisa berbagi :-)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s