Orang-orang Pasar

Di sini masih ada orang-orang yang bercengkrama saban dini hari. Sambil tawar-menawar seputar sayur dan mayur lauk pauk, mereka memenuhi hajat hidup mendahului matahari. Terjaga di ambang fajar, saat ufuk pagi belum meninggi. Mereka yang kian tegar dengan permainan harga bahan pangan. Melonjak naik, membanting kebutuhan yang kian mendesak.

Suasana Pasar Ciroyom. Foto: wildainish
Suasana Pasar Ciroyom. Foto: wildainish

Hey, mereka orang-orang pasar. Yang kerapkali kau hindari karena beceknya jalanan bercampur sampah. Sebuah area yang menjadikanmu memicingkan mata dan menutup hidung kala matahari telah membuat aroma pasar begitu menyengat. Ya, orang-orang pasar yang terkadang tanpa saringan berkata-kata lepas meluapkan emosi pada orang sekitarnya. Melampiaskan keluh kesah pada pemerintah. Tidakkah kau dengar atau menyimak berita yang terselip di koran harian. Saban kali terjadi kebakaran di pasar. Menghanguskan penghidupan orang-orang kecil. Entah musibah, entah sabotase.

Jangan menghindar dari pasar saat kau perlukan kebutuhan sandang, pangan, papan sehari-hari. Jangan memicingkan mata pada status mereka. Tebarkanlah senyuman dan selami setiap transaksi ekonomi.

Mungkin saja sang ego masih tebal daripada empati, hingga dengan melihat mereka beraktivitas menembus pagi buta, kita masih lalai untuk bersyukur.

Silahkan komentar, senang bisa berbagi :-)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s