Diposkan pada Dunia Emak, Keluarga

Ternyata Emak-Emak Itu…

Saya berpandangan ibu-ibu itu urusannya rumah tangga mulu, sibuk seharian sama kerjaan domestik di rumah, pake daster tampilan kucel karena lupa seharian belom mandi, bergelut sama obrolan tetangga kalo lagi beli sayur, gerak langkah serasa terbatas karena sibuk ngurus suami dan anak, pokoknya ibu-ibu itu enggak modis dan enggak gaul (enggak kayak masih lajang, kemana-mana selalu tampil keren). *siap-siap tutupin muka takut dilempar telor* hehe, maaf ya Mak…

Sejak memasuki gerbang sekolah sebagai guru ABK,  Agustus 2013 lalu, hidup saya mulai berubah. Saya semakin menyadari ada sesuatu yang berubah dalam diri. Banyak hal yang memancing minat saya terutama dunia ibu dan anak.  Sebelumnya saya tidak terbiasa dipanggil ibu-ibu, gimana yah rasanya gengsi aja. Masih 21 tahun, rasanya merasa tua dipanggil ibu. Tetapi… kalau posisi sedang di sekolah, tentu saja tidak ada tawar-menawar panggilan. “Eh, panggilnya teteh atau kakak saja ya, belum jadi ibu-ibu plus belum menikah.” NO!!!  Di sekolah, saya punya panggilan resmi, “Bu Wilda”. 🙂

Selang beberapa bulan, saya mulai familiar dengan panggilan satu ini. Dipanggil ibu itu seolah membuat saya merasa keibuan. *aslinya sih belom, he* Kini, saya bergaul dengan teman seperguruan yang sudah ibu-ibu dan selalu saja ada obrolan rumah tangga setiap harinya di sela waktu istirahat. Wah, ternyata menyenangkan juga.

Saya mencoba menjadi pendengar yang baik. Larut dalam obrolan mereka seputar anak, fase kehamilan dan menyusui. Pengetahuan saya semakin bertambah. Dan stereotip saya tentang “ibu-ibu” mulai runtuh. What’s??? Saya punya stereotip?

Ya, dulu saya punya stereotip khusus sama ibu-ibu. *aneh, padahal kan saya calon ibu juga :D* Saya berpandangan ibu-ibu itu urusannya rumah tangga mulu, sibuk seharian sama kerjaan domestik di rumah, pake daster tampilan kucel karena lupa seharian belom mandi, bergelut sama obrolan tetangga kalo lagi beli sayur, gerak langkah serasa terbatas karena sibuk ngurus suami dan anak, pokoknya ibu-ibu itu enggak modis dan enggak gaul (enggak kayak masih lajang, kemana-mana selalu tampil keren). *siap-siap tutupin muka takut dilempar telor* hehe, maaf ya Mak…

OA1XX388Ternyata, stereotip saya salah. Kesadaran saya mulai terbuka lebar. Masih ada para wanita berstatus emak yang tumbuh inspiratif dengan kesibukan yang bejibun. Menyokong suami mereka dengan aktivitas produktif di rumah seperti menulis, membuka home industry, dan beragam aktivitas lainnya. Dan saya mengenal emak-emak keren itu melalui komunitas kumpulan emak blogger. Meski belum jadi emak-emak, saya tertarik dengan cerita dan gagasan para emak yang mengalir di sana. Serasa menemukan oase kedewasaan untuk sikap kekanak-kanakan saya yang masih bermanja-manja sama Ibu. Stereotip saya kalau emak-emak itu selalu kesan tua runtuh sudah. Emak-emak itu para sosok yang begitu matang dan cheerful. 😉

Baca posting para emak di sana, menambah pengetahuan tentang dunia riil. Lho, emang sekarang saya di dunia khayal? Hehe, Iya dunia riil bagi mereka yang telah menggenapkan setengah agama. Sebuah dunia yang penuh dinamika. Tantangan dari suami, anak, karir, dan pengembangan diri setelah menikah. Semoga saya bisa menyerap setiap pengalaman para emak ini menjadi sesuatu yang berharga bagi kehidupan saya kelak. By the way, kenapa jadi kepengen cepet jadi emak-emak, ya! 😀 Bismillah 2014…

logokeb2013small

 sehari setelah bergabung dengan kumpulan emak blogger 🙂

Iklan

Penulis:

Aku ingin punya ruang yang cukup tuk ekspresikan semua ide dan gagasanku untuk berbagi dengan yang lain. Di sinilah ruang itu...

10 tanggapan untuk “Ternyata Emak-Emak Itu…

Silahkan komentar, senang bisa berbagi :-)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s