Kolam Kecil Keluarga

Blender jadi Air Mancur
Blender jadi Air Mancur

Ada satu hal yang tidak berubah dari Bapak saya sejak dulu. Mengulik! Yap, Bapak selalu membuat banyak benda handmade. Misalnya membuat tempat pensil, celengan dari bambu. Menyulap sebuah benda menjadi sesuatu yang baru.

Sebuah aquarium sepanjang 1 meter disulap menjadi rak buku transparan. Saya awalnya cukup kesal dengan rak buku dadakan ini. Bagaimana tidak? Debu begitu seringnya menempel di permukaannya yang terbuat dari kaca. Dari kejauhan, rak buku itu sangat kuleheu. (karena saya malas membersihkannya kali, ya! Hehe) Nah, kesini-kesini saya jarang memikirkan rak buku sesungguhnya. Tadinya ingin meminta Bapak menjual aquarium itu dan beli rak buku sungguhan yang terbuat dari kayu. Akhirnya, satu-satunya cara adalah mengubah sudut pandang.

Yup! Perspektif berbeda membuat benda biasa menjadi luar biasa dan multifungsi. Apalagi di dunia yang serba instan ini, barang baru selalu menjadi primadona manusia modern. Segala hal yang baru menjadi sesuatu yang diburu. Barang lama pun ditinggalkan. Seperti sebuah ungkapan habis manis sepah dibuang. Tak ada yang abadi di dunia ini. Dan semua barang baru seiring waktu akan meninggalkan statusnya menjadi barang lama. Barang lama dan terlupakan.

???????????????????????????????
Kolam Kecil Keluarga

Oiya, di rumah saya ada sebuah kolam kecil di ruang tamu yang terbuat dari jolang bocor dan blender rusak. Rusak? Yupz, blender rusak diubah menjadi air mancur dadakan di tengah jolang. Bapak saya yang begitu getol mengulik barang-barang ini. Dan lambat-laun saya kagum pada kemampuan beliau dalam merakit sebuah benda. Meskipun beliau bukan lulusan sarjana, bahkan hanya terhenti pada jenjang SMP. Bapak selalu siap siaga sebagai kepala rumah tangga dalam menangani berbagai masalah perkakas. Atap rumah bocor, mengganti gas habis, memperbaiki jaringan kabel di rumah, dan pekerjaan berat lainnya.

Dan dari kemampuannya itu โ€“ yang sering saya lewatkan untuk direnungi โ€“ saya belajar tentang kemampuan belajar dari keterbatasan. Memanfaatkan benda lama bahkan rusak menjadi sesuatu yang bisa dikenang sepanjang waktu, sebuah kolam kecil keluarga. Meskipun dalam beberapa sisi saya sering tidak setuju dengan sikap Bapak. Bapak adalah sosok yang berharga dalam hidup dan selalu menciptakan hal yang berbeda.

???????????????????????????????
Air Mancur ala Blender๐Ÿ™‚
???????????????????????????????
Ikan-ikan Kecil Keluarga

2 Comments Add yours

  1. uwah,kreatif banget mbk hehehe..
    salam kenal

    1. jundiurna92 says:

      Salam kenal juga mbak๐Ÿ™‚ makasih sudah mampir..

Silahkan komentar, senang bisa berbagi :-)

