Foto dan Cerita

Setiap perjalanan memberikan peluang merekam banyak hal, termasuk foto. Mungkin itulah fungsi kamera. Selain sebagai teman perjalanan, juga menjadi alat ampuh merekam berbagai view dan momentum.

Kamera Fujifilm MDL-5
Kamera Fujifilm MDL-5

Dan sejak bocah ingusan ini sok-sok keren menenteng kamera jadul, aku mulai jatuh cinta fotografi. Ya, entah mengapa senang saja mencicil uang jajan untuk sekadar membeli satu gulung roll film yang berisi 24-36 foto. Membawa Fujifilm MDL-5 di setiap kesempatan. Ya, meskipun saat itu ilmu fotografi belum dikantongi. Jadilah setiap yang ditemui dijepret. Bahkan kucing kampung sekalipun! Jadi banyak belajar jadi jatuh bangun penasaran hasil foto. Karena kamera lomo tidak bisa langsung lihat dan delete, jadi hati-hati setiap mengambil momen, memastikan pencahayaan bagus dan pemakaian blitz supaya nggak kebakar. Mengambil momen dengan kamera jadul begitu mendebarkan dengan proses yang cukup panjang. Mulai cuci cetak hingga penyimpanan foto di album. Kenangan klasiknya lebih terasa. Bahkan, kertas foto jaman dulu lebih awet dan kuat tak lekang waktu.

Mungkin inilah yang membuat saya mantap mencheklist pilihan jurnalistik saat kuliah. Karena di sana ada mata kuliah fotografi. Kamera setidaknya menarik minat saya pada ketertarikan membingkai dunia lewat lensa. Sebuah foto membangun cerita. Bahkan, tingkatan tertinggi sebuah foto bagi saya adalah view yang benar-benar membangun keyakinan tentang Allah yang Maha Indah dalam segala ciptaan-Nya. Lewat landscape berbagai tempat, Allah benar-benar pelukis Maha Hebat yang begitu sempurna mengukir dunia dan segala isinya.

macro jund
Everything is Macro. By : Ijund

 

Silahkan komentar, senang bisa berbagi :-)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s