Morning Sickness itu Biasa

Hidup sebenarnya tak usah dipenuhi keluhan, hanya perlu beberapa penyesuaian – Wildainish

Itulah kutipan yang terus terngiang belakangan ini, bahkan terus berlarian dalam benak meskipun aku sedang terpojok di sudut jamban sekalipun.😀

Tadinya ingin mengeluh tentang kondisi sulit yang baru kujalani. Kondisi ketidaknyamanan di trimester ketiga. Soal bangun tidur yang membuat seluruh badan pegal tiada terkira, soal pencernaan yang sulit ditebak (serangan sulit BAB dan BAB di ujung tanduk). Persoalan sembelit mendera. Dan berbagai persoalan baru yang mendera ibu hamil.

Aku sadar, sebenarnya tak perlu ada keluhan untuk kondisi ini. Fase ini sangat wajar untuk dilalui setiap calon ibu. Hanya perlu beberapa penyesuaian atas kesulitan yang terjadi.

Misal, jika sulit BAB, bersabarlah hingga waktunya datang. Merangsang pencernaan dengan makanan berserat, itulah penyesuaian yang tepat. Bukan dengan keluhan sakit ini sakit itu tanpa penyesuaian apa-apa. Bila sakit badan jangan terus memanjakan diri untuk berdiam tanpa bergerak dengan alasan pegal.

Bergeraklah semampunya. Jangan biarkan keluhan menjadi raja dan mengacaukan segalanya hingga membuat diri semakin lemah.

Yups, hal ini berlaku untuk apapun. Bukan cuma saat morning sickness. Bahkan kalau bisa berlaku untuk sepanjang hayat. Agar kita bisa menikmati berbagai kesulitan tanpa keluhan dan mengemban amanah dalam pembuktian kesabaran di hadapanNya.