Dunia Anak, Keluarga

Khanza 14 Bulan

khanza 1 tahun
14 Bulan bersamamu, Nak…

Khanza sayang… Kamu semakin pintar dan lincah. Semakin cerewet, banyak kosa kata baru yang keluar dari bibir mungilmu. Hampir 7 gigi yang tumbuh di sana. 4 gigi di atas, 3 di bawah. Nafsu makanmu kadang tidak bisa ditebak. Kadang cukup 2 kali sehari, bahkan bisa sampai 4 kali ditambah camilan kue dan pisang. Isyarat jarimu semakin banyak. Menunjuk ke setiap benda yang menarik bagimu. Tapi, setiap kamu bangun tidur kala shubuh datang, satu-satunya yang sering kamu jelajahi adalah pojok lemari dengan buku-buku. Kamu senang membuka halaman kertas buku dan berseri-seri saat angin kecil berhembus saat halamannya bergerak. Dan boneka-boneka yang ada di belakangmu tampaknya kamu abaikan karena tak cukup lucu untuk dimainkan. Kamu sangat senang dengan berbagai bentuk buku.

Babywalker bukan kendaraan kecil yang cukup aman untuk kamu naiki, karena kamu sudah jago memanjat dan menaikinya. Akhirnya, malah babywalker-nya yang kamu dorong-dorong dengan girang. Ma..ma..ma..ma..

Energimu seakan tak pernah habis dan Bunda tak bisa menebak kapan pastinya kamu bisa mengantuk, karena kini seakan jam bermainmu semakin panjang. Biasanya Maghrib kamu sudah terlelap, namun saat pukul 9 malam, nampaknya kamu masih terus mengajak Bunda bermain dan terjaga, mengikutimu menjelajahi setiap sudut ruangan. Detik ini kamu belum ditakdirkan untuk lancar berjalan, itu tak masalah bagi Bunda. Karena setiap potensi akan menemukan waktu yang tepat.

Memilikimu menjadi anugerah terindah bagi Bunda. Karena, Bunda yang tak sabaran ini belajar menyelami setiap lelah letih menemani tumbuh kembangmu. Berlatih menemukan pola untuk waktu-waktu kita yang berharga. Kadang Bunda menyesali waktu kamu sudah bangun, Bunda malah sibuk dengan tumpukan setrikaan, popok kotor, atau tugas dari sekolah. Seharusnya Bunda bisa lebih punya waktu luang saat kamu terjaga. Seharusnya Bunda lebih kuat lagi untuk menyelesaikan semua tugas saat kamu tertidur, agar kebersamaan kita tak lagi berkurang.

 

Iklan