Bagaimana Menjadi Seorang Penjelajah Dunia?

DSC_6566

Kalau kamu pikir jadi seorang penjelajah alias eksplorer harus beli dulu tiket pesawat terus jalan-jalan ke luar negeri, kamu SALAH KELEUS.:-P Yup, jangankan luar negeri atau luar kota, ketika kita sudah melangkahkan kaki ke luar rumah, kita bisa berperan sebagai seorang penjelajah yang ulung.

Ulung? Apa itu, Bu? Pasti kalian baru denger deh kata yang satu ini. Ulung menurut KBBI, artinya berpengalaman; mahir; terbaik. Intinya berpengalaman. Tapi kan Bu, aku udah sering jalan-jalan ke banyak tempat, buktinya aku belum ulung-ulung juga. Heyyy, yang harus dimiliki seorang penjelajah itu adalah sudut pandang/mindset yang berbeda tentang dunia dan isinya.

Intinya, mengaktifkan seluruh indera kalian. Ada lima indera yang harus diasah dan dipergunakan dengan baik untuk melihat tanda-tanda dunia yang menarik. Karena selama ini, mata kalian terlalu banyak tertuju pada layar 4-5 inchi di genggaman. Iyah, kalian terlalu banyak main gadget, makanya ada yang pernah kesandung batu alias tisorodot saat berjalan. Stop! Kurangi! Saat menjelajah baiknya gadget kalian gunakan saja untuk mendokumentasikan hal-hal yang menarik untuk disimpan dalam galeri dan diberi makna tersendiri.

Mau tau, bagaimana sih jadi eksplorer dunia? Simak clue di bawah ini!

  1. Selalu melihat (perhatikan area sekitar). Jangan melihat gadget mulu.

  2. Anggap segala sesuatu hidup dan bernyawa. Agak aneh sih, tapi coba deh kalau dipikir lebih dalam lagi. Daun yang berguguran sekalipun merupakan bagian dari pohon yang masih hidup, yang merelakan dirinya gugur tapi tak pernah membenci angin, halah, apa sih nih, jadi baper puitis.πŸ˜›

  3. Segala sesuatu itu menarik, asal berada pada tempat dan waktu yang tepat. Perhatikan lebih dekat!

  4. Sering-sering mengubah jalur atau rute yang dilalui. Kesasar itu asyik lho ternyata. Karena banyak hal baru yang bisa ditemukan. Asal kalian tetap tau jalan pulang.

  5. Lakukan pengamatan dalam rentang waktu yang lama. Kalau amati sesuatu itu jangan setengah-setengah. Fokus dan sungguh-sungguh.

  6. Perhatikan cerita-cerita di sekitar kita. Ini yang harus digali lewat banyak bertanya pada orang di sekitar tentang tempat yang tengah kamu jelajahi.

  7. Perhatikan pola-pola dan koneksi di sebuah tempat.

  8. Dokumentasikan temuan-temuanmu. In bisa berbentuk foto, catatan kecil, video, rekaman suara, dan bentuk lainnya. Bisa juga bentuk kumpulan obyek yang bisa ditempel seperti daun yang berguguran.

  9. Masukkan hal-hal yang belum pasti.

  10. Amati setiap pergerakan.

  11. Ciptakan dialog pribadi. Kok bisa gini, kok bisa gitu, bagaimana caranya. Lebih kritis dan asah rasa ingin tahu.

  12. Lacak segala sesuatu sampai asal-muasal mereka.

  13. Gunakan SEMUA INDERA dalam eksplorasimu!

Itulah 13 cara sederhana yang bisa kamu praktekkan untuk proses menjelajahmu.

Kreatif itu banyak akal, banyak paham, dan banyak langkah. Kreativitas muncul dari kemampuan kita melihat hal-hal dari banyak sudut pandang yang berbeda. So, be the Best Explorer and Make Creative Journey!Β