Keterampilan HT

Kelas 7 : Drawing Experiment to Positive Message

GRANDESAIN KETERAMPILAN 2016 kls 7
Grand Desain Keterampilan Kelas 7 Semester 1 Tahun 2016 SMP Hikmah Teladan

Agustus

Bulan ini saya mengawalinya dengan proyek Drawing Experiment, yaitu membuat cover sketchbook dengan gaya doodle/tipografi. Mendorong anak-anak bereksperimen dengan drawing pen di atas kertas putih. Menggambar berbagai tipe doodle yang mereka inginkan, bisa dengan gaya doodle monster, motif, dan objek tertentu. Dengan proyek pertama ini, setidaknya akan telihat karakter gambar mereka seperti apa.

Kemudian eksperimen gambar lainnya adalah membuat ilustrasi tematik pada pertemuan pembelajaran. Bisa dimulai dengan meneruskan goresan sembarang menjadi bentuk baru yang bermakna. Bisa juga membuat ilustrasi dari foto atau kalimat yang divisualisasikan menjadi gambar di atas sketchbook. Ini menjadi langkah berlatih menuju proyek terakhir dalam menggambar yaitu membuat sebuah komik strip sederhana yang menceritakan segala hal yang terjadi di sekolah.

Yang dibutuhkan dalam eksperimen menggambar ini adalah:

  1. Sketchbook
  2. Kertas putih tebal untuk cover depan dan belakang
  3. Drawing pen berbagai ukuran
  4. Pensil 2B+penghapus
  5. Spidol hitam dan warna-warni jika dibutuhkan
  6. Foto dan kalimat ilustrasi
  7. Buku referensi membuat komik
  8. Video Tutorial Menggambar

September

Jelang UTS, selanjutnya anak-anak memasuki proyek OPOC yaitu One Person, One Creation. Setiap anak mampu memberikan karya berbeda dengan tema “All About Paper” . Mereka bisa membuat berbagai karya handmade berbentuk 2 atau 3 dimensi. Sebelumnya diberikan pemahaman terlebih dahulu dengan menyimak berbagai tutorial DIY segala hal yang terbuat dari bahan baku kertas.

Dari OPOC ini, diharapkan anak-anak dapat membuat sebuah instalasi galeri untuk UTS. Menampilkan display karya masing-masing lengkap dengan judul prototip dan posternya.

Yang dibutuhkan dalam OPOC ini adalah:

  1. Video Tutorial Craft Paper
  2. Gunting
  3. Lem putih
  4. Bahan-bahan lain yang dibutuhkan

Oktober

Pada bulan Oktober, waktunya anak-anak membuat display kelas dengan membuat berbagai kreasi bingkai di kelas mereka. Selain itu, mereka dapat membuat poster dengan gaya scrapbook atau gambar manual. Majalah dinding pun akan menjadi fokus utama dalam melibatkan seluruh anak untuk meningkatkan kreativitas kelas.

Yang dibutuhkan dalam display kelas adalah:

  1. Video tutorial wall art
  2. Gunting+lem putih
  3. Kardus bekas untuk bahan baku frame
  4. Kertas Linen hitam sebagai bahan dasar pembuatan poster
  5. Majalah dinding
  6. Hiasan dekoratif lainnya

November

Jelas UAS, anak-anak disiapkan untuk berlatih menyajikan pesan positif berbentuk siluet foto masing-masing yang berisi quotes bermakna yang mereka tuliskan di tengah foto siluet mereka. Siluet ini bergaya kolase kertas yang ditempel membentuk siluet wajah. Siluet ini pula yang akan masuk dalam halaman proyek terakhir yang dikumpulkan saat UAS yaitu sebuah scrapbook “All About Me” yang memuat karakter setiap anak yang menjelaskan segala hal tentang diri sendiri. Mulai dari keluarga sampai kesukaan masing-masing.

Diharapkan seluruh proyek keterampilan ini memunculkan passion anak dalam bercerita lewat kreasi mereka.

Iklan