Kelas 8: From Printing Experiment to Presents The Gallery

GRANDESAIN KETERAMPILAN 2016 kls 8
Grand Desain Keterampilan Kelas 8 Semester 1 Tahun 2016 SMP Hikmah Teladan

Agustus

Bulan ini saya mengawalinya dengan proyek Printing Experiment, yaitu mencetak wajah di atas kaos dengan teknik stensil. Mendorong anak-anak bereksperimen dengan mengedit wajah mereka memakai Photoshop dan men-cutting untuk kemudian dicetak dengan cat semprot. Dengan teknik ini, setidaknya rasa hati-hati dalam berkarya akan muncul karena proses yang cukup rumit pada saat men-cutting editan wajah. Selain itu, rasa percaya diri mereka dapat muncul saat memakai kaos hasil kreasi sendiri.

Kemudian eksperimen gambar lainnya adalah digital sablon. Mendorong mereka untuk belajar tipografi dengan Coreldraw dan diaplikasikan pada tote bag atau kaos polos menggunakan kertas transfer paper. Selanjutnya proyek printing terakhir yaitu membuat poster grafis berukuran minimal A3 yang harus mereka buat sesuai kebutuhan branding sekolah. Menyebarkan pesan positif melalui poster.

Yang dibutuhkan dalam eksperimen printing ini adalah:

  1. Editan wajah pada kertas glossy
  2. Kaos polos
  3. Alas kardus untuk kaos
  4. Cutter/cutting pen
  5. Selotip kertas
  6. Cat semprot

September

Jelang UTS, selanjutnya anak-anak memasuki proyek OPOC yaitu One Person, One Creation. Setiap anak mampu memberikan karya berbeda dengan tema “All About Rope” . Mereka bisa membuat berbagai karya handmade berbentuk 2 atau 3 dimensi. Sebelumnya diberikan pemahaman terlebih dahulu dengan menyimak berbagai tutorial DIY segala hal yang terbuat dari bahan baku tali atau benang.

Dari OPOC ini, diharapkan anak-anak dapat membuat sebuah instalasi galeri untuk UTS. Menampilkan display karya masing-masing lengkap dengan judul prototip dan posternya.

Yang dibutuhkan dalam OPOC ini adalah:

  1. Video Tutorial Craft Rope
  2. Gunting
  3. Lem putih
  4. Bahan-bahan lain yang dibutuhkan

Oktober

Pada bulan Oktober, waktunya anak-anak membuat display kelas dengan membuat berbagai kreasi bingkai di kelas mereka. Selain itu, mereka dapat membuat papan poster blog pribadi untuk mempromosikan alamat blog mereka. Majalah dinding pun akan menjadi fokus utama dalam melibatkan seluruh anak untuk meningkatkan kreativitas kelas.

Yang dibutuhkan dalam display kelas adalah:

  1. Video tutorial wall art
  2. Gunting+lem putih
  3. Kardus bekas untuk bahan baku frame
  4. Kertas Linen hitam sebagai bahan dasar pembuatan poster
  5. Majalah dinding
  6. Hiasan dekoratif lainnya

November

Jelas UAS, anak-anak disiapkan untuk berlatih menyajikan sebuah galeri sederhana dengan fotografi. Teknik yang digunakan berupa kolase dan montase. Mereka diharapkan mampu berbagi momen lewat segala hal di sekolah yang terekam dalam bingkai kamera. Kemudian semua karyanya dicetak dan ditampilkan dalam galeri sederhana.