Desain Grafis, Keterampilan HT

Kelas 9: From Personal Branding to Digital Art

GRANDESAIN KETERAMPILAN 2016 kls 9
Grand Desain Keterampilan Kelas 9 Semester 1 Tahun 2016 SMP Hikmah Teladan

Agustus

Bulan ini saya mengawalinya dengan proyek Personal Branding, yaitu memvisualisasikan karakter setiap anak lewat 3 jenis karya, yaitu meneruskan proyek blog pribadi, membuat draft book, dan video profil singkat.

September

Jelang UTS, selanjutnya anak-anak memasuki proyek OPOC yaitu One Person, One Creation. Setiap anak mampu memberikan karya berbeda dengan tema “All About Electric” . Mereka bisa membuat berbagai karya handmade dengan kreasi lampu dan rangkaian listrik yang dibuat sendiri.

Dari OPOC ini, diharapkan anak-anak dapat membuat sebuah instalasi galeri untuk UTS. Menampilkan display karya masing-masing lengkap dengan judul prototip dan posternya.

Yang dibutuhkan dalam OPOC ini adalah:

  1. Video Tutorial DIY Lamp Ideas
  2. Gunting
  3. Lem putih
  4. Bahan-bahan lain yang dibutuhkan

Oktober

Pada bulan Oktober, waktunya anak-anak membuat display kelas dengan membuat berbagai kreasi bingkai di kelas mereka. Selain itu, mereka dapat membuat berbagai kreasi wall art untuk memperindah ruang kelas. Wall art yang dibuat pun ada baiknya berkaitan dengan kata kunci dari setiap mata pelajaran yang berguna untuk reminder anak-anak dalam menyambut momentum ujian. Majalah dinding pun akan menjadi fokus utama dalam melibatkan seluruh anak untuk meningkatkan kreativitas kelas.

Yang dibutuhkan dalam display kelas adalah:

  1. Video tutorial wall art
  2. Gunting+lem putih
  3. Kardus bekas untuk bahan baku frame
  4. Majalah dinding
  5. Hiasan dekoratif lainnya

November

Jelas UAS, anak-anak disiapkan untuk berlatih mengabadikan momentum lewat video “Story of Live In” dan mulai menampilkan desain masing-masing untuk buku kenangan yang akan dicetak pada semester 2.

 

 

Iklan