Berbenah, Lembaran Memori, Momentum, Pendidikan, Refleksi, Semesta

Menekuri Hidup dalam Daftar

Selagi berbenah, saya menemukan lembar bagan keinginan di tumpukan buku yang sudah lama tak tersentuh. Di sana ada 24 daftar keinginan yang saya tulis full 1 halaman. Sebuah daftar yang ditulis pada tahun 2013. Tercengang karena bagan keinginan tersebut kebanyakan tak tercapai sama sekali. Menekuri diri.

Apa saya terlalu bersemangat membuat rencana? Kemana selama hampir 4 tahun ini? Sudah totalkah saya berjuang merealisasikan harapan yang tertulis? 

Bolehkah saya bersembunyi di balik alasan kalau seiring waktu berubah maka keinginan yang dulu ikut memudar diseret kepentingan terkini? Berarti keinginan yang saya tuliskan bukanlah prioritas yang berarti.

Hanya rencana wacana tak berwujud. Ya, saya tahu Allah Sang Eksekutor jalan hidup manusia. Tetapi, saya masih menyesali diri bahwa sisi gelap pribadi terlalu sombong dengan menetapkan rencana tinggi tanpa maksimalnya do’a dan ikhtiar.

Raih Kendali Hidup Anda! Itu sub judul yang saya baca dari buku “Listful Thinking”, sebuah cara manusia tentunya dengan menuliskan target apa saja yang harus dicapai dalam kurun waktu tertentu. Namun, dihadapkan dengan kenyataan demikian. Saya berputus asa. Terlalu perfeksioniskah saya hingga justru setiap daftar hidup menjadi nihil karena satu dan lain hal.

Tetaplah menulis. Tulis saja terus daftar dalam hidupmu. Tetapi jangan lupa tekuri renungi sejauh mana ikhtiarmu sendiri. Maksimalkah perjuanganmu? 

Maka dengan sangat berharap dengan penuh kesadaran. Ijinkan saya membuat kembali daftar dalam hidup ini:

  • 10 hal yang ingin dipelajari
  • 10 bahan literasi kaya ide
  • 10 momen menguatkan kebersamaan 
  • 10 hal penting dalam berbenah

Karena waktu amat terbatas dan saya semakin kebingungan jika menjalani semuanya tanpa rencana. Satu-satunya kekuatan adalah istiqomah dan mardhotillah. Rabbi… Kuatkan langkah, rencana, segala ikhtiar ini dengan pundak yang tegak menopang segala aral tantangan. Hanya kepadaMu segala daftar ini kuserahkan.

*ingin semakin berdaya

*selamat tinggal daftar tanpa ikhtiar

*ikhlaskan masa lalu, sambut masa depan dengan syukuri masa kini.

#ODOPfor99days

Iklan