Keterampilan HT, Pendidikan, SMP Hikmah Teladan

ODOSfor60days dan Buku Kenangan Fifthory

Tersisa waktu kurang lebih 3 bulan lagi bagi kelas 9 untuk menikmati masa pembelajaran efektif di kelas. Itu artinya mereka akan disibukkan dengan banyak persiapan menjelang ujian. Apalagi selain Ujian Nasional (UN), Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) menyambut terlebih dulu pada bulan April. Mata pelajaran yang diujikan dalam USBN sendiri meliputi PAI, PKN, dan IPS.

 Pelajaran keterampilan dalam posisi ini mungkin tak akan banyak lagi memberikan ruang space untuk anak berkarya dengan proyek yang katakanlah agak repot untuk anak kelas 9 di sela kesibukan persiapan ujian akhir. 
Mapel keterampilan di ujung episode mereka sebenarnya berperan sebagai katarsis dan proyek realistis. Katarsis maksudnya anak-anak diberikan ruang menuliskan segala hal yang mereka rasakan di sekolah dalam waktu yang tersisa lewat blog pribadi berbagai platform. Mau pengalaman yang manis, pahit, lucu, mengesankan, bahkan menyebalkan sekalipun. Maka disematkanlah proyek One Day One Story selama 60 hari. Terinspirasi dari grup Facebook ODOPfor99days-nya komunitas IIP (Institut Ibu Profesional) sebenarnya. 😊😅 Harapannya, anak-anak bisa belajar konsisten dalam menuliskan pemikiran mereka meski satu judul tulisan hanya berisi satu paragraf sekalipun. Setidaknya mereka bisa mencoba untuk terbiasa menguraikan ide dan menajamkan pola pikir lewat menulis. Sehingga gadget canggih yang mereka gunakan sekadar alat selfie semata apalagi digunakan hal-hal negatif. Satu judul tulisan nantinya disetorkan secara rutin per hari lewat link Google formulir yang disediakan. Akan lebih baik jika disertai dengan ilustrasi/foto untuk mendukung tulisan. Link setoran tulisan : https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSfshUgC4KTD-F_hhQ8HeV3htpGllQEMBrBVJAqT7FmMKbHtew/viewform?c=0&w=1

Proyek selanjutnya yang harus diwujudkan yaitu membuat karya buku kenangan angkatan 5 (Fifthory) lewat pertemuan pembelajaran keterampilan. Teknisnya anak-anak membuat desain halaman masing-masing namun dengan konsep yang disepakati bersama. Ada tim reporter, layouter, fotografer, dan desain. Prinsipnya anak-anak dalam pembelajaran keterampilan ini dapat menampilkan jejak rekam terbaik lewat karya orisinil mereka yang bermanfaat untuk kehidupan mereka kelak.

#ODOPfor99days

Iklan

2 thoughts on “ODOSfor60days dan Buku Kenangan Fifthory”

Silahkan komentar, senang bisa berbagi :-)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s