We Are Listful Mania

Dulu saat kuliah saya teringat motivasi 100 daftar mimpi yang dituliskan di dinding kamar lalu dicoret satu per satu seiring realisasi mewujudkan impian yang dimiliki. 

Kini awalnya saya ragu menuliskan kembali daftar, karena rasanya setelah menikah impian menjadi serba terbatas. Batasan pertimbangan anak dan ijin suami. Namun saya salah. Justru setelah menikah semuanya baru saja dimulai.

Daftar impian dan harapan serta to-do-list harian menyambut di hadapan. Tugas domestik rumah tangga seperti mencuci, menyetrika, memasak, menjahit, dan lainnya berderet dalam benak menunggu untuk diceklis setelah diselesaikan. Meski tak saya tuliskan dengan detil, semuanya terbayang dalam daftar urutan rutinitas. Saya mulai menyanggupi segala prioritas. Ada yang benar-benar mengubah dan mendesak diri untuk kembali listful thinking. Menata, mengelola, dan berkomitmen mewujudkan to-do-list.

To-do-list ini berfungsi menjauhkan dari rasa gelisah dari urusan serba mendadak karena prepare sebelumnya. Selain itu, berguna meningkatkan fokus, rasa percaya diri, dan menjadikan kita siap sedia menggapai esok hari. Sejalan dengan firman Allah yaitu : dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), (Al-Hasyr: 18). Esok untuk dunia saja mesti kita persiapkan apalagi untuk akhirat. Amal kebaikan apa yang akan dibawa kelak. 

Bila masih bingung dengan target hidup maka rumuskan berapa banyak yang akan kita perjuangkan. Pilah pilih mana yang realistis mana yang sekadar ingin, kemudian urutkan. Ini salah satu awal ikhtiar dengan cara yang nyata, bukan sekadar mengalir ikuti arus tapi tak sadar jika akhirnya malah terhempas ke jurang kesia-siaan. 

#ODOPfor99days

Iklan

One thought on “We Are Listful Mania

Silahkan komentar, senang bisa berbagi :-)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s