Literasi, Trik Menulis

Menjadi Hebat dengan Free Writing

Hai temans… Sejak mengikuti tantangan menulis setiap hari, apa yang kamu rasakan? Pegal menulis? Bingung menguraikan kata? Atau malah jadi ketagihan ingin lagi dan lagi karena ide dalam otak meledak-ledak. Kalau yang kamu rasakan semuanya, maka itu sangat wajar. 

Awalnya mungkin bingung, merasa kurang ide, merasa bosan, tapi kalau kamu berhasil mengalahkan rasa bosan dan malas maka kamu naik anak tangga selanjutnya. Yup, kamu akan menikmati proses menguraikan isi pikiran. 

Menulis bebas atau free writing berarti kamu bebas menulis apapun yang terlintas dalam otak. Bagaimana caranya agar menulis lebih dahsyat lagi efeknya??? Menulis membuat kamu semakin hebat kalau punya 5 modal berikut ini:

1. Suka membaca

2. Jeli mendengar

3. Suka menonton film

4. Gemar mengamati, dan

5. Gemar merekam

Jadi… Tulis sebanyak yang kamu bisa. Ini membuat kamu berlatih konsentrasi dan meningkatkan kosa kata.

Dua cara mudah menulis bebas yaitu…

Write the way you speak. Tulislah seperti kamu berbicara dengan orang lain. Kalau selama ini kamu banyak mengobrol dengan teman tentang banyak hal, maka dengan menulis obrolanmu lebih bermanfaat karena ada jejak pemikiranmu di sana. Siapa tahu kamu bisa jadi penulis yang hebat.

Write the way you think. Tulislah seperti kamu berpikir. Berpikirlah kreatif, bukan kritis. Kalau kamu kehabisan kata-kata di tengah jalan, tetaplah menulis apapun — apa saja. 

Menulis bebas sebenarnya bisa membuat hatimu lebih riang dan otak lebih cemerlang. Begitulah yang disampaikan penulis Anang YB dan Jubilee Enterprise dalam buku yang diterbitkan Elex Media Komputindo. 

#ODOPfor99days

Iklan

1 thought on “Menjadi Hebat dengan Free Writing”

Silahkan komentar, senang bisa berbagi :-)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s