Keterampilan HT, Pendidikan, SMP Hikmah Teladan, Work by Work

Mana Usaha Terbaikmu? 

Hari ini saya menegaskan kalimat dalam sebuah coretan random di bawah ini.

Ketika menyelesaikan tugas, adakalanya tak usah ada komunikasi atau interaksi yang mengganggu efektivitas ketuntasan tugas. Selama bersamanya bisa berpengaruh baik sebenarnya tidak masalah.

Bersama-sama tetapi justru tak ada ide, yang jadi pertanyaan, kebersamaannya membawa berkah nggak sih? Reminder satu sama lain berfungsikah? Serius nggak ada momen saling menginspirasi?  Atau sekadar ngumpul bareng tapi nggak punya jiwa kompetitif jadi yang terbaik? 

Hari ini saya banyak belajar dari interaksi di kelas. Seperti biasa, anak SMP pada umumnya jika diberi tugas meski individu pasti mengerjakan dengan posisi berkubu-kubu. Dengan tugas sketsa cover manual dan boleh searching ide dari ponsel. Harapannya di awal mereka bisa mengolah informasi yang ditemukan dan menuangkan di atas kertas dengan goresan khas masing-masing. Tetapi apa yang terjadi? Setengahnya malah keteteran di ujung waktu yang tersisa, di menit-menit terakhir kertas lembaran masih kosong. Padahal pikiran positif saya ooh sambil mengobrol dan mendengarkan musik, mungkin selesai sebentar lagi, tapi apa? Kenyataannya, jawaban mereka nggak ada ide. Oke fiks. Ponsel yang digunakan ternyata membuat otak tumpul berpikir yang akhirnya gejala yang muncul, salah fokus, kebanyakan pakai headset, dan… tugas pun setengahnya tak dikumpulkan. Selanjutnya ponsel tak boleh lagi digunakan dalam sesi pembelajaran di kelas khususnya pembuatan karya manual. Ponsel awalnya sebagai media mempermudah eksplorasi ide jadinya malah pemicu pemecah konsentrasi. Lebih baik tanpa fasilitas agar ide tanpa batas.

Marah? Nggak. Saya hanya ingin mereka belajar memahami limit waktu dan sadar tentang kompetisi yang sebenarnya. Duduk boleh bersama dan berdekatan, tetapi hati dan otak harus sama-sama berjuang menjadi yang terbaik dengan usaha yang pasti berbeda satu sama lain. Namun tujuannya tetap sama, USAHA TERBAIK!

#ODOPfor99days

 

Iklan

1 thought on “Mana Usaha Terbaikmu? ”

Silahkan komentar, senang bisa berbagi :-)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s