Motivasi, Pendidikan, Refleksi, SMP Hikmah Teladan, Tafakkur

Dear Adikku di Ujung Putih Biru

Beberapa tugas yang sebelumnya enggak kamu sukai, bahkan cenderung kamu hindari, mungkin akan menjadi bagian penting yang harus kamu akrabi kalau mau mewujudkan mimpimu. -Change your Dreams, Enjang AS-

Hai adik… Kita bertemu selalu setiap pekan berganti. Di sebuah ruangan menimba ilmu bersama. Kelas persegi yang tak begitu luas jika menampung segala tingkah gaduh dan ocehan kalian tentang segala hal. Saat guru datang ke kelas, kalian terdiam sejenak di awal pertemuan karena wajah sang guru serius menatap seisi kelas. Tak lama kemudian, kalian riuh kembali.

Diam!” kata yang tak cukup membuat kalian berhenti meneriaki satu sama lain. Akhirnya beberapa guru ada yang memutuskan melangkah keluar kelas saat pelajaran belum usai. Tak sedikitpun perhatian tercurah, tak ada fokus yang bertambah. Guru-guru masuk kalian jengah.

Apa yang ada dalam benak kalian saat ini? Rasa jajanan kantin yang menggugah lidah saat bel istirahat belum berbunyi? Asiknya main game sampai puas dan bertekad memecahkan rekor gamers? Ramainya obrolan tentang idola kesayangan? Sebalnya diusili teman dan membicarakan aib orang satu per satu? Apa sebenarnya yang kamu pikirkan adikku…?

Pernahkah sedikit saja kamu pikirkan untuk menuntaskan jejak langkah dengan kebaikan. Pernahkah kalian ingat dengan sebuah kunci yang terlupakan sebelum belajar pelajaran apapun. Iya sesuatu yang terlupakan! Dia adalah ADAB. Bagaimana bisa kalian menyerap ilmu yang berkah tanpa adab atau etika yang tepat? 

Sampai kapan seperti itu. Sampai nanti menjadi siswa putih-abu? Atau nanti sampai duduk di bangku kuliah dan akhirnya hanya jadi mahasiswa kupu-kupu atau kunang-kunang, ya alias kuliah pulang dan kuliah nangkring. Sampai kapan, Dik???

Iklan

1 thought on “Dear Adikku di Ujung Putih Biru”

Silahkan komentar, senang bisa berbagi :-)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s