Dunia Emak, Keluarga, Life Lesson for Mom, Matrikulasi IIP, Pendidikan

Wildainish_NiceHomeWork#1

📚NICE HOMEWORK #1📚

ADAB MENUNTUT ILMU

Senin, 23 Januari 2017 bagi saya adalah senin yang menginspirasi. Sebuah titik awal dimulainya sebuah pemahaman baru. Pencerahan lewat berbagi gagasan dan aliran rasa bersama sahabat baru di grup Matrikulasi Institut Ibu Profesional Batch#3 Bandung 1. 

Sejak itu pula saya berkenalan dengan Nice Homework. Benar-benar Nice! Juga benar-benar Homework! ☺😊 Yup, inginnya dari awal NHW diberikan, langsung menguraikan isi hati dan ide yang berkelebatan, namun rasanya selalu ada lelah di ujung hari. Seharian berjibaku di full day school. Pergi pagi pulang petang tiba di rumah. Baiklah… Saatnya menyempatkan diri dan menciptakan momentum. 

Satu jurusan ilmu yang akan saya tekuni di universitas kehidupan ini bernama Edusigner.

Allah Maha Baik dan selalu punya garis yang indah dalam dinamika hidup saya. Seorang lulusan ilmu komunikasi jurnalistik yang pernah mengecap ritme kerja kantoran sebagai “tukang setting” percetakan, desainer grafis busana muslim, tutor anak berkebutuhan khusus, dan kini bermuara sebagai guru bahasa Indonesia dan keterampilan di sebuah SMP inklusi di Bandung. 

Sebuah kolaborasi antara pendidikan dan desain komunikasi visual (DKV). Bagaimana membuat sebuah perubahan besar melalui bahasa visual.

Alasan terkuat yang dimiliki sehingga ingin menekuni ilmu tersebut.

Alasan terkuat ingin menemukan titik temu antara citra dan makna. Saya pikir desainer bukan saja memoles, mengemas media visual kreatif, namun mampu memberikan makna dengan memperjuang karakter di balik setiap kreasi yang dibuat. 

Saya ingin anak-anak di sekolah menikmati proses belajar melalui media visual yang kreatif di tengah banjirnya konten informasi yang menyeret pada dosa mata. 

Alasan terkuat lain adalah saya payah menggambar manual. Saya merasa tidak halus dalam menggoreskan kuas di atas. Jadi saya berusaha mengaplikasikan revolusi catatan lewat doodle yang sederhana. Merangkum setiap informasi yang dibaca agar lebih dipahami.

Strategi menuntut ilmu yang akan direncanakan di bidang ini.

Konsep belajar dengan jalan kenabian (Prophetic Learning). Ini menjadi fondasi awal dalam memberikan ruh utama sebelum apapun. Bagaimana menumbuhkan ilmu yang berkah dan mampu mendatangkan manfaat, bukan sekadar nilai akademik di atas kertas. 

Memberdayakan ruang literasi dengan konsisten menulis dan memperbaiki catatan agar lebih dekoratif lewat The Doodle Revolution. Merangkum segala ilmu pengetahuan perlu cara yang kreatif agar mudah dipahami dari gambaran keseluruhan hingga hal yang lebih detil. 

Mengaplikasikan media visual menarik lewat slideshow, video editing, dan ilustrasi foto yang mendukung media pembelajaran. Untuk keluarga, kita bisa membuat display menarik untuk si kecil seperti poster huruf hijaiyah, alfabet, gambar sayuran, buah-buahan, hewan, dan menyediakan space khusus untuk si kecil berkreasi. 

Sebelum menjadi apapun, saya adalah da’i. Amanah mulia sebagai khalifah yaitu memberikan pengertian amar ma’ruf nahi munkar. Pesan dakwah berupa infografis menjadi konten yang tepat di tengah gempuran informasi yang bercampur-baur antara hoax dan fitnah. Bagaimana memberikan pesan inspiratif bernafaskan Al-Quran dan Hadits sebagai agen visual dakwah. 

Berkaitan dengan adab menuntut ilmu, perubahan sikap apa saja yang harus diperbaiki dalam proses mencari ilmu tersebut.

1. Berbenah. Bukan saja secara fisik dan tata letak ruangan. Tapi membenahi apa yang harus diperbaiki dari segala aspek. Tengok galeri ponsel, isi hardisk laptop, sortir buku, lemari baju, dan isi pikiran 😅. Sudahkah semua itu memberdayakan atau memperdayakan. Misalnya, saya pecinta drama korea tapi belakang saya merasa ketika larut menonton berjam-jam, waktu produktif saya benar-benar tersita. Maka DELETE SOON. Saya merasa berdosa saat melihat adegan drama korea yang meski hanya kissing tapi itu justru mengganggu adab menuntut ilmu saya. Astaghfiruka Ya Rabbi… Menyeleksi apa yang pantas dilihat oleh mata pemberian-Nya. 

2. Dengan memahami adab menuntut ilmu berarti saya pun harus menghargai tenggat waktu yang tersisa. Maka to-do-list menjadi keharusan dan komitmen pelaksanaan adalah kunci utamanya. Faidza faraghta fanshab. Bertindak lebih cekatan, meminimalisir keluhan, dan melakukan langkah-langkah kecil menuju besar.

3. Portofolio. Selalu mengikat ilmu dan hasil karya dalam satu space area khusus. Selain berguna untuk keluarga nantinya, bisa menjadi cerminan pengembangan diri. 

4. Afirmasi positif dan irisan kebaikan lewat majlis ilmu dimanapun dan kapanpun. Mulai dari ruang dengar bermanfaat yaitu siaran radio dakwah, majlis pengajian, bahkan percakapan sembarang sekalipun. Sesekali saya mendengar obrolan mang angkot dengan penumpangnya, ada sisi-sisi spiritual yang bisa diserap dengan baik jika kita memasang telinga lebih jeli untuk segala hal positif. 

Menjadi seorang desainer pendidikan bukan hanya menciptakan konten tetapi juga melibatkan konteks yang ada. Agar gambar dan tataran visual bukan hanya pajangan belaka. Memperjuangkan makna di balik citra bukan sekadar poles sana-sini semata. 

#ODOPfor99days

Iklan

1 thought on “Wildainish_NiceHomeWork#1”

Silahkan komentar, senang bisa berbagi :-)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s