Dunia Emak, Keluarga, Life Lesson for Mom, Matrikulasi IIP

NHW#6 Belajar Menjadi Manajer Keluarga Handal

NICE HOMEWORK yang ke-6 ini membuat saya semakin menemukan peran hidup dan semoga mempermudah juga mendampingi Khanza menemukan peran hidupnya. 

Hal yang kadang mengganggu adalah sesuatu bernama RUTINITAS. Menjalankan pekerjaan rutin yang tidak selesai, membuat kita “merasa sibuk” sehingga kadang tidak ada waktu lagi untuk proses menemukan diri. Proses menemukan diri ini justru saya dapatkan setelah bergabung dengan komunitas matrikulasi Ibu Profesional. Ada kalanya saya jenuh dari rutinitas mengajar disesaki rasa bersalah meninggalkan anak, tapi itu tadi saya meluruskan niat motivasi bahwa mengajar adalah peranan panggilan hati.

1. 📝 Tuliskan 3 aktivitas yang paling penting, dan 3 aktivitas yang paling tidak penting.

3 Aktivitas yang paling penting

  1. Doodling dan desain hasil serap ilmu dari manapun, baik buku maupun kajian.
  2. Prepare segala sesuatu untuk mengajar keterampilan dan tahsin, mulai dari RPP, tugas anak, sampai refleksi pembelajaran.
  3. Menyelesaikan urusan domestik jelang weekeend atau meluangkan waktu sebelum/sepulang mengajar, sehingga tidak ada tumpukan setrikaan dan cucian. 

📝3 Aktivitas yang paling tidak penting

  1. Nonton drama Korea 🇰🇷
  2. Scroll atas bawah situs belanja online 🏧
  3. Kebingungan pilih baju saat mau ngajar 😝😂

2. 📝 Waktu anda selama ini habis untuk kegiatan yang mana?

Alhamdulillah mulai terfokus pada kegiatan doodling dan prepare ngajar, tapi kadang masih keteteran urusan domestik rumah tangga. Sedangkan aktivitas nonton dramkor sudah lama ditinggalkan sejak gabung komunitas One Day One Post for 99 days sejak awal tahun 2017. Rasanya waktu menonton semakin produktif jika digantikan dengan menulis. 

3. 📝 Jadikan 3 aktivitas penting menjadi aktivitas dinamis sehari-hari untuk memperbanyak jam terbang peran hidup anda, tengok NHW sebelumnya ya, agar selaras. 

Menengok NHW#5 maka sesungguhnya telah jelas langkah memperbanyak jam terbang bagaiman dan seperti apa. Tinggal mengelola waktu dengan proyek pribadi sebagai individu, ibu, dan guru. 

4. 📝 Kemudian kumpulkan aktivitas rutin menjadi satu waktu, berikan “kandang waktu”, dan patuhi cut off time 

Aktivitas rutin yang harus saya patuhi adalah 06.00 berangkat pagi mengajar sambil memastikan tak ada cucian piring dan ruangan rapi.

Pulang mengajar 16.00 jemput anak dan fokus pada momen membersamai anak sampai menidurkan anak. Setelah itu bisa lanjut prepare untuk hari esok.

5. 📝 Jangan ijinkan agenda yang tidak terencana memenuhi jadwal waktu harian anda.

Agenda tidak terencana itu bisa jadi berwujud dalam scroll atas bawah situs belanja online, ikut mengobrol dengan rekan kerja hal-hal yang tidak jelas bahkan madhorot, dan jajan berlebihan. 😅

6. 📝 Setelah tahap di atas selesai ditentukan, maka jadwal harian sebagai berikut.

7. 📝 Amati selama satu minggu pertama, apakah terlaksana dengan baik? kalau tidak segera revisi, kalau baik, lanjutkan sampai dengan 3 bulan.

_Bismillah…ayo berjuang istiqomah_

Salam Ibu Profesional,

Wildaini Shalihah

Iklan

Silahkan komentar, senang bisa berbagi :-)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s