doodling, Manajemen, Review Book

Budaya Komitmen dan Saling Percaya

Ada rasa yang menggeletar saat mengeja dan membaca kata percaya. Percaya adalah modal utama dalam membina sebuah hubungan. Bukan saja dengan pasangan, tetapi juga membangun interaksi dengan orang lain. 

Ada 4 budaya yang menjadi tipikal seorang pemimpin mengelola anggotanya (Smarter Faster Better, Charles Duhigg), yaitu meliputi:

  1. Budaya Bintang, yaitu budaya yang cenderung tak memberikan posisi sedikitpun bagi mereka yang masih belajar dengan keterbatasan. Orang-orang yang direkrut harus memiliki keunggulan mumpuni untuk tergabung dalam sebuah manajemen berbudaya bintang.
  2. Budaya Insinyur, yaitu budaya yang dibangun lebih pada pemecahan masalah teknis dan pembangunan sumber daya mekanis. Ini sungguh efektif dalam memungkinkan lembaga/perusahaan tumbuh dengan cepat.
  3. Budaya birokratik dan otokratik, yaitu budaya yang cenderung memaksakan kehendak pemimpin di atas segalanya. Komunikasi yang berlangsung cenderung transaksional untung-rugi. Kalian saya bayar, kalian harus ikuti apa yang saya mau. 
  4. Budaya komitmen, yaitu budaya yang menjadikan kepercayaan sebagai sesuatu yang harus dibina dan lebih penting daripada mendesain produk terbaik. 

Di antara keempat budaya di atas, saya telah mengalami beberapa budaya yang dirasakan lewat area kerja selepas lulus kuliah.

Bekerja di percetakan selama 3 bulan, saya merasakan tumbuhnya budaya komitmen sekaligus otokratik. Owner atau atasan saya dulu sangat welcome pada masa trial saya sebagai fresh graduate, namun customer yang justru berlaku sebagai raja yang seringkali mengatur-ngatur karyawan. Tujuan utama omset dan underpressure di bawah deadline harian. Pindah ke butik busana muslim, saya masih merasakan nuansa budaya otokratik juga. Meskipun hanya bertahan selama 8 bulan, ritme kerja bak robot depan monitor saya rasakan setiap hari. Mulai merasa tidak nyaman dan bekerja jauh dari panggilan hati.

Akhirnya, bermuaralah saya di sebuah area dinamis bernama sekolah. Sebuah tempat dimana budaya komitmen tumbuh seiring waktu. Merajut kepercayaan di antara rekan guru dan siswa. Membuat rasa percaya terus ditumbuhkan dalam kondisi sesulit apapun lewat forum rutin tiap minggu dan habit harian. 

#ODOPfor99days

Silahkan komentar, senang bisa berbagi :-)

