Diposkan pada Keterampilan HT, MGMP Prakarya, Momentum, Pendidikan, SMP Hikmah Teladan

Proyek Tengah Semester Kelas 7 : Sebuah Miniatur Jembatan

Hari ini sejak pagi anak-anak berjibaku dengan proses membuat miniatur jembatan dalam mapel Prakarya. Mereka membentuk miniatur jembatan dengan memanfaatkan alat bahan yang dibawa dari rumah. Kerjasama tim sangat memengaruhi penilaian proyek ini. Mereka harus menyelesaikan tantangan membuat miniatur selama kurang lebih 3 jam. 

Jembatan yang dijadikan miniatur harus sesuai planing kelompok pada pertemuan sebelumnya, selebihnya anak-anak boleh memodifikasi lagi. 

Saat prosesnya, terlihat dinamika kelompok yang variatif. Ada 2 kelompok yang selesai lebih awal dengan kreasi seadanya. Tapi saya tetap mengapresiasi proses mereka mulai dari menggelar alas, alat+ bahan, sampai membereskan area kerja di kelas seperti semula. Menyingkirkan sampah bekas dan membersihkan lantai tempat mereka berkarya.

Proses di setiap kelas berbeda. Di kelas 7 Thalhah, anak-anak begitu sibuk dan ceria sambil diiringi musik. Sesekali memainkan alat dan bahan yang dibawa. Meski saya tetap ingatkan agar tetap fokus karena waktu begitu terbatas. Konsentrasi mereka nampaknya tak terganggu dengan hingar-bingar musik Barat ala DJ dan lagu mellow khas remaja sekarang. 😜 Ada juga yang memanfaatkan pojokan kelas untuk asik berkreasi. 

Sebagian anak memanfaatkan koridor kelas dengan tertunduk fokus pada pengerjaan miniatur. Telihat percikan cat warna sana-sini di lantai. Di antara alat bahan berserakan, terselip cemilan dan gorengan anak sebagai kompensasi waktu istirahat yang terpakai proses UTS. Anak-anak memang istirahat saling bergiliran ke kantin dan tetap melanjutkan proyek masing-masing.

Lanjut di kelas sebelah, 7 Ibnu Abbas. Beberapa tim nampaknya masih berjibaku di menit-menit terakhir. Anak-anak di kelas ini punya tipikal perfeksionis. Terlihat dari alat bahan yang digunakan cukup wah dan konsep yang unik. Ada yang mempergunakan dakron, slime, rumput sintetis, bulatan styro foam, dan kawat yang dipiloks.

Sedangkan kelas yang paling ujung, 7 Usamah bin Zaid, beberapa tim malah terkesan think simple. Memanfaatkan material kardus dan stik es krim. 

Kesulitan yang mereka alami dalam proses ini antara lain:

  • Sulit membuat bentuk melengkung -Lutfi
  • Kekurangan alat bahan akhirnya beli mendadak ke toko sekitar sekolah -Ivano
  • Sulit saat mengelem material -Aivy
  • Kadang teman-teman sulit diatur πŸ˜† -Mufid
  • Sulit membuat bagian bawah atau titik tumpunya -Athar
  • Sulit saat mengecat material dan memakaikan lem tembak, harus hati-hati -Andra
  • Saat memotong stik es krim manual dengan gunting, sampai jari teman di kelompok ada yang luka karena kurang hati-hati -Zalfa
  • Bikin pernak-pernik hiasan malah lebih sulit dari jembatannya sendiri -Evan
  • Saat menempelkan jembatan pada alas dan tiang berkawatnya (untuk cable stayed) -Giska
  • Sulit memperkirakan karena tidak sesuai ekspektasi -Ariq
  • Sulit membuat penyangga karena bukan berkreasi dari bawah/alas, tapi sibuk dengan jembatan atasnya-Mufti
  • Bahkan kita sampai stress dan frustasi bikin jembatan, pokoknya bete mendingan gambar, πŸ˜‚πŸ˜‚ -Tike

Pengalaman hari ini bersama kelas 7 rasanya amazing menegangkan πŸ˜†πŸ˜…. Yup, menegangkan karena banyak jebakan cat yang coreng moreng sana-sini. Anak-anak dipaksa keluar dari zona nyaman mereka selama ini yang identik prakarya hanya dengan menggambar. Keren ketika beberapa anak bisa memodifikasi jembatan yang dipilih dengan menggabungkan 2 konsep. Setelah ini beberapa tim masih harus menyelesaikan proyek mereka di luar batas waktu yang ditentukan. 

Alhamdulillah… Kesimpulan dalam berkreasi adalah cermat memilih alat-bahan tepat, memanfaatkan yang ada, dan cermat memperkirakan bentuk sesuai imajinasi dalam pikiran. Oiya, satu lagi, juga mampu memanfaatkan energi dan kerjasama tim dalam batas waktu ⏰ yang ditentukan. Bravo Sevenation! 

*blogging di ujung senja pembelajaran proyek tengah semester 2

#ODOPfor99days

Iklan

Penulis:

Aku ingin punya ruang yang cukup tuk ekspresikan semua ide dan gagasanku untuk berbagi dengan yang lain. Di sinilah ruang itu...

Silahkan komentar, senang bisa berbagi :-)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s