doodling, Literasi, Matrikulasi IIP, Pendidikan

NHW#8 Misi Hidup dan Produktivitas

Salah satu dari ranah aktivitas yang saya SUKA dan BISA adalah visual activity. Ranah doodling yang bersumber dari segala ilmu yang saya aplikasikan untuk kepentingan pembelajaran, pendidikan anak, dan pesan dakwah. 

Maka fokus jawaban pertanyaan “BE  DO HAVE”, saya uraikan sebagai berikut:

1. Ingin menjadi apa ? (BE)

Menjadi seorang inspirator visual.

2. Ingin melakukan apa ? (DO)

  • Memahami dan mengaplikasikan bertahap buku “The Doodle Revolution”, “Mindmap Tony Buzan”, “Visual Leader&Meeting”, dan “Mahir Berbahasa Visual”.
  • Brainstorming ide harian dan merintis naskah buku sendiri tentang doodling
  • Berbagi hasil doodling per topik berikut tekniknya lewat blog atau jaringan komunitas
  • Memunculkan semangat anak-anak di sekolah untuk merevolusi buku catatan mereka dari linear menjadi unik ala doodling

3. Ingin memiliki apa? (HAVE)

  • Buku karya sendiri “Doodle Your Day” 
  • Buku portofolio anak
  • Komunitas doodling inspiratif

Berikut ini 3 aspek dimensi waktu yang ingin saya capai:

  1. Dalam kurun waktu kehidupan (lifetime purpose), saya ingin mencapai pemahaman yang utuh dan aplikatif tentang menyerap makna lewat doodling. Doodling ini mencakup dunia pendidikan yang tengah saya jalani, portofolio anak, dan pesan dakwah yang universal. 
  2. Dalam kurun waktu 5-10 tahun ke depan (strategic plan), saya ingin membuat komunitas doodling yang kompeten agar literasi visual semakin kuat. Menumbuhkan semangat membaca lewat goresan kata dan gambar, lalu bergerak memperjuangkannya.
  3. Dalam kurun waktu satu tahun (new year resolution), saya ingin menerbitkan buku “Doodle Your Day”. Sebuah buku hasil kolaborasi antara essai reflektif, ilustrasi doodle, dan tipografi. 

Bismillah… Mulai dengan PERUBAHAN, karena pilihannya hanya satu BERUBAH atau KALAH. NHW#8 ini semakin membuat saya paham bagaimana peran sesungguhnya dalam menjalani hidup. Begitu spesifik dan mengerucut pada zona yang disuka dan saya Insya Allah bisa melakukannya. Alhamdulillah…

Salam Ibu Profesional,

/Wildaini Shalihah/

Silahkan komentar, senang bisa berbagi :-)

