Pendidikan, Refleksi, Review Book

Menyelami Pendidikan Fitrah

Setiap anak terlahir dalam fitrah-Nya. Fitrah, sebuah konsep yang menelisik batin saya selama ini. Fitrah bukan sekadar tahu, oh dalam keadaan suci. Fitrah ini bersifat dinamis. Ada kalanya terbawa arus dan meluntur terseret hawa nafsu. Maka fitrah itu sendiri diperjuangkan untuk dijaga agar tetap pada jalurnya. Fitrah yang inside out. Membawa peran peradaban secara personal dan komunal.

PR besar bagi saya ketika membaca buku Fitrah Based Education-nya Ustad Harry Santosa. Ya, PR besar sepanjang hidup. Buku hardcover ini bukan untuk dipajang kokoh di rak buku. Mengamalkan value di dalamnya lebih penting dari sekadar itu. Bahasannya yang berbobot membuat saya mesti menyerap perlahan agar maknanya benar-benar dipahami.

Perlahan cara pandang saya berubah. Jadi, selama ini yang saya lakukan di sekolah bukan seutuhnya makna pendidikan, tetapi hanya sarana pendidikan. Lalu, pendidikan seperti apa yang harusnya ditumbuhkan? Pendidikan yang membangun sebenar-benar peradaban.

Maka ketika kalimat ini saya resapi, rasanya seperti mendidik diri di ujung hari. Kecemasan dan kebingungan soal administrasi persekolahan rasanya begitu sempit dibanding tujuan pendidikan sesungguhnya. Sudahkah peran saya menjadi sebaik-baik rahmatan lil ‘aalamiin? Sudahkah langkah saya tergabung dalam khoiru ummah? Reminder diri.

Lalu, saya menekuri kembali apa yang tengah saya lakukan dalam pembelajaran di kelas. Sudahkah proses itu mengingatkan anak-anak tentang kembali pada Allah adalah segalanya? Bertambahkah kecintaan pada Allah setelah proses pembelajaran berlangsung?

Ashlih nafsaka wad’u ghairuka.

#ODOPfor99days

1 thought on “Menyelami Pendidikan Fitrah”

Silahkan komentar, senang bisa berbagi :-)

