Islam, Refleksi, Tafakkur

Fenomena Kerudung Cibut

Cibut? Ciput mungkin. Nggak, judul di atas nggak salah. Fenomena saat ini dimanapun berada adalah anak-anak remaja (SMP-SMA) yang berkerudung cibut alias ciput rambut. Entah mungkin karena belum tahu cara berbusana yang benar, entah sudah tahu tapi masih ragu. Terakhir, sudah kebal pada ketentuan menutup aurat yang disyariatkan. Mungkin istilah lain juga dikenal dengan jipon alias jilbab poni.

Bergidik ngeri sebenarnya. Sisi lain dari hijab yang sudah populer dan mendunia. Ngeri karena hijab yang bukan lagi sebagai identitas dan tak dilandasi niat ingin taat. Niat sekadar menutupi kepala saat berseragam sekolah. Jadilah pemandangan biasa di dalam angkot. Sebagian remaja putri memakai kerudung tergesa dengan ala kadarnya. Tanpa ciput dengan kain menerawang dan rambut poni bagian depan. Kerudung di tarik ke atas agar semakin runcing.

Beda niat, beda sikap. Sekadar menutupi kepala dan tidak paham berbusana dengan benar. Maka tak heran, seringkali kita melihat betis siswi berkerudung tersingkap saat naik motor. Sebagian lagi dengan ringannya bergelayut merangkul teman lelakinya dengan mesra. Berusaha khusnudzon tapi melihat seragam yang dikenakan, saya yakin mereka belum suami istri. 

Sebuah reminder di ujung hari. Saat lisan sudah berkali mengingatkan, tapi alasan yang muncul lagi-lagi masalah nyaman tidak nyaman berciput dan kaos kaki. Kami memang tidak boleh lelah mengingatkan tetapi ada kalanya harus ada cara lain menyadarkan tentang ini.

“Tiung nyungcung, rok kaos kaki ngatung.” 😑 hadeuh… Kapan atuh mau memperbaiki, mau menunggu kain kafan menutupi kepala dan sekujur badan?

Hey kalian… Berbusana islami itu bukan soal nggak enakeun pake ciput, bukan soal nggak nyaman pake kaos kaki, bukan soal aku pengen cantik, aku pengen modis stylish, dan sebagainya. Berbusana sesuai syariat adalah wujud dari sebuah niat, “Aku ingin taat”.

Ayo perbaiki cara menutup aurat. 

Auratmu, kehormatanmu.

#ODOPfor99days

Iklan

Silahkan komentar, senang bisa berbagi :-)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s