Diposkan pada Momentum, SMP Hikmah Teladan

Sikap Menghadapi Ujian

Ada 3 aspek yang harus diperhatikan dalam menghadapi ujian. Bukan saja soal mempersiapkan berlembar-lembar hafalan materi yang diujiankan. Bukan saja soal  paket ujian dengan perangkat alat tulis untuk Lembar Jawaban Komputer. Ini soal sikap. Sikap yang harus benar-benar ditunjukkan sebagai pembelajar sejati.

IMG_20170411_100519

Tiga aspek itu meliputi:

  1. Sadar diri (connect) dalam ujian. Senantiasa bergegas dan bisa memposisikan diri sesuai kondisi. Fokus pada yang tengah dijalani.
  2. Pertahankan ritme dengan istiqomah itu penting. Pantang berleha-leha sebelum tercapai tujuan yang diinginkan. Jangan sampai minta dikurangi beban namun mintalah puncak yang kuat untuk mengatasi segala tantangan. No mengeluh, no ngedumel.
  3. Tunjukkan perfoma terbaik lewat fisik dan spiritual. Memakai kostum terbaik dengan seragam yang sopan. No permak no kaos oblong. Kostum terbaik juga disertai dengan sikap yang santun.

Masa kelas 9 merupakan masa yang berapi-api. Banyak energi yang seringkali salah arah. Kekuatan fokus bisa berbelot pada banyak hal yang sekadar iklan sesaat. Iklan sesaat yang digandrungi seperti rumpi, lagu favorit, obrolan sidia, selebgram, bahkan games/youtube. Semuanya cuma iklan sesaat yang seringkali bikin tersesat. Ayolah berusaha menyeimbangkan amunisi. Bertekad dengan usaha yang kuat dan do’a yang khusyuk di ujung ikhtiar. Belajar mengarantina diri dengan mendekatkan diri pada Allah. Bukan masanya lagi harus hit and run dalam memasuki gerbang dewasa muda.

*disampaikan Pak Agus, Kepsek SMPHT dalam Briefing pagi saat pekan US Praktek

DSC_8157

#ODOPfor99days

 

Iklan

Penulis:

Aku ingin punya ruang yang cukup tuk ekspresikan semua ide dan gagasanku untuk berbagi dengan yang lain. Di sinilah ruang itu...

Silahkan komentar, senang bisa berbagi :-)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s