Selamat Datang Dokumen Kelas!

Hari pertama di sekolah tanpa kehadiran kelas 9. Ya, mereka telah melaksanakan momen pelepasan Sabtu lalu (20/5). Euforia pagelaran dan haru biru perpisahan telah dilalui, namun tugas sebenarnya baru saja dimulai. Membenahi dokumen kelas sekaligus menggenggam tugas penilaian akhir tahun kelas 7 dan 8. Tugas mengolah raport dan pemberkasan ijazah menyambut di hadapan.

Tahap pertama dalam tugas ini adalah tindak lanjut form KKM anak-anak. Kriteria Ketuntasan Minimal dilakukan lewat ikhtiar anak-anak menghubungi guru mata pelajaran yang masih kurang nilainya. Untuk kemudian diolah kembali dalam tahap editing rapot.

Kalau boleh jujur, berperan sebagai MK berarti membuat saya keluar dari zona nyaman. Sebagai guru sekaligus manajer kelas, maka software Office harus digeluti dengan berbagai rumus khusus seperti Excel. Sebenarnya saya lebih nyaman dengan Corel. Tanpa rumus-rumus tertentu, jemari tinggal leluasa mengukir komposisi visual. Saya tidak suka, tapi saya butuh untuk bisa. Ketidaksukaan itu harus dirangkul dan dipelajari. Akhirnya, perlahan saya bisa mengulik sendiri dan merasakan sensasi, Oh ternyata saya bisa lakukan hal ini.

Rumus yang dibutuhkan dalam excel ini biasanya dalam membuat rentang rata-rata dan rentang deskripsi. Hal yang masih belum saya pahami adalah soal merger atau mailing dari Excel ke Word. Sistem olah rapot selama ini belum permanen seiring pergantian kurikulum yang berpengaruh pada sistem penilaian. Awalnya manual lewat excel tanpa jaringan. Kemudian beralih pada one drive yang sering crash karena dipakai secara berjamaah dalam satu waktu dengan jaringan wifi Bersama. Nah, sekarang saya harus lebih menyingsingkan baju karena sistem beralih pada manual copy paste satu per satu dari file guru mata pelajaran. Cayoooo… menyemangati diri sendiri.

Tugas baru saja dimulai. Kalau biasanya Senin bulan lalu saya masih berjibaku dengan rutinitas di kelas 9, kini saya berteman dengan tumpukan dokumen. Nikmati, hayati, dan jalani dengan teliti. Ganbatte!

*Senin padat dalam momen Penilaian Akhir Tahun

#ODOPfor99days

Silahkan komentar, senang bisa berbagi :-)

