Diposkan pada Catatan Diri, Essai, ODOPers, Ramadhan Inspiratif, Refleksi, Tafakkur

Apa yang Kamu Ingat? 

Malam ini nurani saya terus membisikkan, “Apa yang saya ingat hari ke hari? Saya ingat tugas jelang akhir tahun pelajaran begitu menumpuk. Mulai dari rekap tugas anak, olah nilai, sampai print raport kelas 9. Ada lagi?” Banyak. Saya ingat kalau stok susu Khanza mulai menipis. Belum lagi deterjen dan seketika teringat cucian kotor belum tersentuh. 

Semakin saya mengingat, tiba-tiba malah banyak yang terlupakan. Kemudian diri tergerak pada sebuah keyword dalam surat cintaNya. Kata kunci “ingatlah”. Deg! Selama ini yang saya ingat bukan dan belum apa-apa dibanding menyambut janji-Nya. Saya berjibaku pada ingatan-ingatan jangka pendek yang menguap seiring waktu. Ditelan arus dunia. 

Ingatlah, kepunyaan Allah apa yang ada di langit dan di bumi. Ingatlah janji Allah itu benar, tetapi kebanyakan mereka tidak mengetahuinya. (QS.Yunus [10] :55)

…Ingatlah, bahwa kepada Allah-lah kembali semua urusan. (QS. Asy-Syuura [42] :53)

Hai manusia, ingatlah akan nikmat Allah kepadamu. Adakah pencipta selain Allah yang dapat memberikan rizki kepada kamu dari langit dan bumi? Tidak ada Tuhan selain Dia; maka mengapakah kamu berpaling (dari ketauhidan)? (QS. Faathir [35] :3)

(Ingatlah) hari (dimana) Allah mengumpulkan kamu pada hari pengumpulan, itulah hari dinampakkan kesalahan-kesalahan. Dan barangsiapa yang beriman kepada Allah dan beramal saleh, niscaya Allah akan menutupi kesalahannya dan memasukkannya ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya. Itulah keberuntungan yang besar. (QS. At-Taghaabun [64] :9) 

Ada kurang lebih 177 kata kunci ingatlah dalam Al-Qur’an. Semuanya mengarahkan kita agar tak lupa dengan kisah, pelajaran berharga dari orang terdahulu, dan landasan berupa peringatan serta kabar gembira tentang akhiratNya. 

Kadang dunia terlalu penat untuk selalu dipikirkan dalam to-do-list harian. Dunia tak boleh digenggam dalam-dalam. Nanti bisa-bisa mengotori hati. Akhirat tujuan, dunia hanyalah sarana. Sebuah reminder diri di ujung malam. Sebuah reminder tentang ingat kematian yang bisa datang kapan saja dengan cara tak terduga. Ya Rabb….wafatkan hamba dalam keadaan husnul khotimah.

#RamadhanInspiratif #day7 #aksara #challenge #ODOPfor99days

Iklan

Penulis:

Aku ingin punya ruang yang cukup tuk ekspresikan semua ide dan gagasanku untuk berbagi dengan yang lain. Di sinilah ruang itu...

Silahkan komentar, senang bisa berbagi :-)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s