Diposkan pada doodling, Essai, ODOPers, Ramadhan Inspiratif, Sosial Media

Diksi dalam Berbisnis Online

Kalau selama ini diksi berlaku untuk memilah-memilih kata dalam tulisan, maka dalam bisnis online diksi ini juga begitu penting. Ini sebuah poin berharga yang saya serap ketika mengikuti Semi Workshop Bisnis Online, Ahad lalu (4/6), Aula Barat ITB.

Acara yang diselenggarakan panitia Ekspedisi Mutiara Ramadhan 1438 H & Jasmine ini menghadirkan Teh Muri Handayani sebagai narasumber. Materi yang diberikan meliputi “Social Media Adv Basic”. Saat kegiatan, peserta difokuskan untuk mengelola bisnis online lewat akun Instagram. 
Dengan strategi dan kelincahan mengelola jaringan, para alumni SBO (Sekolah Bisnis Online) berhasil meraup omset hingga miliaran bahkan triliun. Teh Muri selaku founder SBO, menegaskan, bisnis online terkadang tak ditentukan oleh penampakan spot bisnis yang cakep. Seringkali toko online yang masih berantakan pun bisa mendatangkan omset, jika akun bisnisnya dikelola dengan baik. Bahkan banyak di antaranya yang belum memiliki alamat toko resmi karena basis rumahan. Dunia online peluangnya UNLIMITED. 
Mengapa mereka bisa beromset miliaran tapi kita tidak? Jawabannya Allah beri waktu 24 jam untuk semuanya, tetapi setiap orang punya impian dan perjuangam yang berbeda. Maka miliki keyakinan untuk sukses memenej waktu dan buktikan dengan totalitas ikhtiar. 

Kunci utama terletak pada profesionalitas akun yang kita kelola. Memantaskan diri dalam menampilkan “etalase” utama lewat DIKSI. Cermat memilih nama akun, keterangan di profil, penjelasan produk/brand yang dijual, dan nomor kontak yang bisa dihubungi. Lebih baik lagi jika dicantumkan website utama diawali kalimat “cek produk lengkap di www…”

Nama akun kita harus menunjukkan kata kunci atau produk yang sering dicari. Gunakan kata kunci sesuai target market, karena jualan itu bukan hanya suka-suka saja, tapi pada kebutuhan dan market yang jelas. Maksimalkan penggunaan hastag (#) pada setiap caption foto produk. Semakin spesifik #kata kunci yang digunakan, semakin besar peluang closing

Ternyata yang menunjang untuk punya follower tepat sasaran adalah dengan menggembok akun. Ini harus! Harus dikunci agar follower yang mengikuti benar-benar “kepo” alias penasaran dengan isi etalase produk yang dipajang. Follower yang mendukung berarti mereka yang sepersekian persen berpeluang membeli, bukan akun anak-anak alay atau robot. 

Mau unggah foto dari laptop/PC langsung ke Instagram? Cara mudahnya lewat aplikasi Gramblr. 

Gramblr merupakan aplikasi pengunggah foto untuk Instagram. Gramblr adalah aplikasi desktop untuk Windows dan Mac yang memungkinkan kamu meng-upload foto dari komputer ke akun Instagram kamu.

Bahkan dengan Gramblr, pebisnis online bisa mengupload foto-fotonya dengan pengaturan jadwal otomatis. Jadi tak heran kalau akun onlineshop bisa update foto-foto produk sementara pemiliknya tertidur pulas. Ini karena sistem yang diatur upload terjadwal otomatis. 

Meresapi materi demi materi saat semi Workshop kemarin membuat saya geregetan ingin memulai bisnis. Ide itu banyak berkelebatan dalam benak. Tetapi poin yang terpenting juga bagaimana menetapkan manajemen waktu dan skala prioritas. 

#RamadhanInspiratif #day11 #aksara #challenge #ekspedisiramadhan1438h #ODOPfor90days

Iklan

Penulis:

Aku ingin punya ruang yang cukup tuk ekspresikan semua ide dan gagasanku untuk berbagi dengan yang lain. Di sinilah ruang itu...

Silahkan komentar, senang bisa berbagi :-)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s