Hari ke-10 : Belajar Empati dan Memberi Pilihan

Suatu ketika, Khanza menarik-narik tangan saya sambil meminta sesuatu. 

“Nda, ais mana. Ais, Nda.” Saya coba mencerna dengan tepat dan langsung menggendong Khanza. Ternyata… Bukan itu yang Khanza maksud. Dia ingin gendongan kain untuk dipakai menggendong bonekanya. 

“Baba, mau di-ais, Nda.” ujarnya sambil tersenyum sendiri dan mulai mengajak ngobrol bonekanya dengan riang. Khanza mulai belajar berempati dan mencurahkan perhatian. 

Selain itu, Khanza di usia 27 bulan ini mulai punya keinginan untuk memutuskan sendiri. Begitu pula saat saya mengajaknya ke warung sambil berjalan kaki. Setibanya di warung, Khanza ingin digendong untuk melihat makanan dan bahan sayuran yang terletak di bagian depan. Saat saya mengambil tauge, dia lantas menolak dan menunjuk bahan masakan yang lain. 

“Nda, okoli, mau okoli.” ujarnya sambil menunjuk brokoli. Saya mencoba menawarkan pilihan lain antara tauge atau brokoli. Tetap saja keukeuh, sekali brokoli tetap brokoli. Ternyata Khanza benar-benar suka dengan sayuran mirip pohon ini. Padahal bundanya sendiri kurang suka makannya. 😁😅


Saat makanan terhidang, Alhamdulillah Khanza mau menghabiskan brokolinya. Bukan saja soal makanan, Khanza selalu punya pilihan sendiri tentang apapun. Setiap berangkat kerja pun, pilihannya selalu sama, mau digendong Bunda, meskipun ayahnya sudah menawarkan dan merayu digendong di depan saat naik motor. 

Tantangan komunikasi produktif telah berujung pada hari ke-10. Rasanya ini sebagai prolog selanjutnya untuk membangun pola komunikasi yang istiqomah meski dihadang tantangan beragam. Tantangannya sendiri kadang muncul dari mood, lelah seharian di luar, hingga tak maksimal dalam membersamai keluarga. Benar kata Bu Septi, ibu bekerja di ranah publik harus punya energi ganda agar tetap berperan maksimal di publik terutama keluarga. Menyiapkan porsi terbaik saat kembali pulang ke rumah. Menyambut anak dan suami dengan senyuman. Selelah apapun.Walau lelah, niatkan lillah. 

#level1 #tantangan10hari #komunikasiproduktif #kuliahbunsayiip #ODOPfor99days

Iklan

Silahkan komentar, senang bisa berbagi :-)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s