ODOPers, Ramadhan Inspiratif, Semesta, Tafakkur

Bingkai Siang dan Malam

Hari ini Khanza belajar tentang penciptaan siang dan malam lewat diorama sederhana. Saya coba cetak dan modifikasi desainnya dari www.fordesigner.com. Bagi Khanza (27 bulan), siang berarti ingat matahari, sedangkan malam berarti hadirnya bulan dan bintang. 

Sebagaimana firman-Nya dalam QS. Al-Qashash ayat 73 : “Dan karena rahmat-Nya, Dia jadikan untukmu malam dan siang, supaya kamu beristirahat pada malam itu dan supaya kamu mencari sebahagian dari karunia-Nya (pada siang hari) dan agar kamu bersyukur kepada-Nya.

Maha Suci Allah yang telah menciptakan siang dan malam begitu seimbang khususnya di Indonesia. Tak terbayang jika siang dan malam berlangsung tanpa berganti. Allah memberikan ketentuan hakiki dalam penggunaan waktu yang tepat. Siang untuk beraktivitas mencari karuniaNya dan malam untuk merebahkan diri. Kalau dibalik posisinya, mungkin kondisi tubuh akan rentan terkena angin malam. 

Semasa kuliah bagi saya, waktu malam berlalu begitu cepat apalagi saat mengandalkan sistem kebut semalam untuk mengerjakan makalah yang dikumpulkan esok hari. Pelarian agar tetap melek semalaman dengan secangkir kopi. Kebiasaan buruk saat itu. Begadang mengerjakan tugas, tahu-tahu jam dinding bergerak menuju dini hari. Remuk badan jadinya. Sungguh, mengikuti ketentuanNya begitu menyesuaikan kondisi kita sesuai fitrahNya. Setiap ritme waktu yang diikuti begitu berharga dalam bingkai aktivitas di jalanNya. Semoga kita selalu memanfaatkan siang dan malam yang berganti berbekal iman, ilmu, dan amal yang diridhoi. 

#RamadhanInspiratif #day16 #challenge #aksara #PesantrenRamadhan_Kids #ODOPfor99days

Iklan

Silahkan komentar, senang bisa berbagi :-)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s