Lega Setelah Bicara

Menyimpan segala persoalan dengan diam hanya akan membuat kerikil-kerikil terpendam. Hingga saat melewati jalan di hadapan, betapa perihnya menapaki. Tak pernah ada kata yang terucap membuat hati terus berharap. Padahal belum tentu orang lain mengerti dengan hanya menunjukkan wajah yang gusar. Sekadar emosi dalam ekspresi. 


Daripada lelah tak dimengerti, lebih baik diam saja. Toh semuanya akan berlalu. Iya, berlalu dalam putaran waktu. Tapi lama-lama segala kecamuk dalam diri ibarat dinamit yang entah kapan meledak suatu saat. Memuntahkan emosi yang belum selesai. Menghembuskan segala dengus kesal yang memuncak. Sebenarnya aku ingin ini… Aku ingin itu…

Jangan menunda-nunda untuk bicara. Tentukan waktu yang tepat membuka saluran kata. Menyampaikan kalimat demi kalimat tulus yang santun tanpa tendensi. Mengatur sedemikian rupa ekspresi dan respon terbaik. Dengan siapapun. 

Bersembunyi dalam alibi, aku mah begini, aku pendiam, aku mah introvert, tak akan pernah membuat jaringan terbuka lebar. Kesempatan di hadapan tersia-siakan. Memilih untuk menyimpan deretan tanya di kepala saat perkuliahan, karena malu dan takut disudutkan. Memilih diam dalam rapat dan menganggap orang lain mewakili padahal berbeda pemikiran. Memilih diam dengan wajah kusut saat pasangan bersikap mengusik kenyamanan. Utarakan maaf, haturkan terima kasih dengan tepat.

Bicaralah. Bicara sesuai momen yang tepat. Mengutarakan rasa tak sreg di hati dengan tetap berhati-hati menata kata. Bicara sesuai proporsi dan kondisi. Bicarakan ide, kegiatan, dan solusi. Bukan bicarakan kelemahan orang lain, masalah pribadi, dan gaya hidup masa kini. 

Awali dengan Bismillah. 

#RamadhanInspiratif #day21 #challenge #aksara #ODOPfor99days

Iklan

4 thoughts on “Lega Setelah Bicara

Silahkan komentar, senang bisa berbagi :-)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s