Diposkan pada Bunsay IIP, doodling, Essai, Keluarga, ODOPers, Pendidikan, Ramadhan Inspiratif

Upgrade Diri Tiada Henti

Memperoleh nilai IPK beryudisium cumlaude (3,63) lima tahun silam membuat saya menekuri diri sepanjang hari. Ingin rasanya membongkar file kuliah, tumpukan arsip makalah, dan buku-buku komunikasi yang tersimpan rapi di rak teratas. Sebagian menguning dengan bercak memudar. Ciri khas buku yang telah lama tersimpan. Nilai di atas ijazah itu menuntut pembuktian seorang sarjana yang kini berperan sebagai ibu. 
Sudahkah nilai itu seimbang dengan ikhtiar hari ini? Sudahkah deretan mata kuliah berpuluh-puluh SKS ada jejak aplikasinya dalam keseharian? Atau hanya tercantum indah. Ah, betapa naifnya berbangga diri pada sesuatu yang berlalu. Berpuas diri pada pencapaian sementara. Berdiam pada sebuah titik ilusi kejayaan masa lalu tanpa mengupgrade diri seiring waktu.

Hari ini saya menemukan kampus sebenarnya sebagai seorang ibu pembelajar. Mereview materi perkuliahan Institut Ibu Profesional tanpa berharap sebuah transkrip nilai. Menyerap materi demi materi yang menguatkan peran sebagai madrasah pertama peradaban dari keluarga. 

Sesi pertama tantangan 10 hari telah dijalani. Sepuluh hari ini sebuah limit terendah dalam menyelesaikan tantangan. Ya, karena limit sebenarnya adalah menyelesaikan tantangan dihadapan sepanjang hidup. Tanpa ada yang menilai dan menyuruh. Tanpa berharap indeks pretasi kumulatif, karena anak dan suami menjadi penilai sebenarnya yang langsung merasakan manfaat ilmu yang dipelajari. Terasa manfaatnya atau hambar dalam berinteraksi. 

Belajar sesungguhnya baru dan akan terus berlangsung. Cara mengupgrade diri lewat ibadah, membaca, mencoba keahlian baru, dan membuat jaringan untuk berbagi. Tetapkan target realistis tapi jangan terlalu mudah. Karena menetapkan target terbawah sama dengan berhenti pada limit kemampuan yang rendah. 

#RamadhanInspiratif #day24 #challenge #aksara #komunikasiproduktif #ODOPfor99days #kuliahbunsayIIP

Iklan

Penulis:

Aku ingin punya ruang yang cukup tuk ekspresikan semua ide dan gagasanku untuk berbagi dengan yang lain. Di sinilah ruang itu...

Satu tanggapan untuk “Upgrade Diri Tiada Henti

Silahkan komentar, senang bisa berbagi :-)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s