Ramadhan dan Amunisi Pembelajaran Prakarya

Saat rekan yang lain mulai mudik asyik dan sudah bersua dengan keluarga di kampung halaman, saya masih ngulik asyik dengan perangkat pembelajaran dalam pertemuan MGMP Prakarya. Saya beserta guru-guru Prakarya yang hadir pada Senin-Selasa, 19-20 Juni 2017 lalu di SMP Muhammadiyah 8 Bandung, bersama merumuskan media pembelajaran sejak pukul 08.00-13.00 WIB.

Ada keraguan di awal untuk mengikuti agenda ini. Tempat yang cukup jauh dari ujung ke ujung. Ya walaupun berangkat Cihanjuang menuju Antapani. Namun saya ingat tahun pelajaran mendatang membutuhkan amunisi di awal agar pembelajaran bisa dipersiapkan lebih matang. 

Ramadhan pada pekan terakhir ini sudah seharusnya menjadi bekal amunisi di bulan-bulan selanjutnya. Memperbaiki segala kebiasaan dari latihan menempa diri di bulan suci. Termasuk menyiapkan kebutuhan pembelajaran dan memperbaiki tindakan kelas.

Melangkahkan kaki ke luar zona nyaman berarti bersiap pada hal tak terduga dan hikmah yang terserak. Banyak yang saya dapatkan dari pertemuan kemarin, antara lain: 

  • Kekaguman pada guru yang lebih senior puluhan tahun mengajar dan selalu siap pada perubahan kebijakan dari tahun ke tahun. 
  • Inisiatif memperjuangkan hak guru berupa urusan kedinasan simpkb.
  • Dalam mapel prakarya, kunci utama berkarya adalah memberdayakan sarana yang ada dan menyesuaikan dengan kondisi di sekolah. 
  • Guru memunculkan antusiasme di awal pertemuan dengan topik literasi yang memunculkan rasa ingin tahu.
  • Menyerap suasana lain dengan visual branding menarik di setiap sudut sekolah.

Alhamdulillah MGMP Prakarya berinisiatif sempat mengadakan pertemuan kali ini. Di saat yang lain sudah libur, kami mendapatkan bekal berharga menata pembelajaran lebih awal dan memikirkan segala hal yang menunjang life skill berharga dalam mapel Prakarya.


#RamadhanInspiratif #day25 #challenge #aksara #ODOPfor99days

Iklan

Silahkan komentar, senang bisa berbagi :-)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s