doodling, Essai, ODOPers, Refleksi

Iman dalam Telinga Bermasalah

Ada sebuah lagu yang akhir-akhir ini booming dan menggoda banyak orang untuk mengcovernya. Despacito, salah satunya. Kalau dengar sekilas, rasanya seperti mendengar kata deposito berulang-ulang. Irama lagunya yang cepat, katanya enak didengar dan mengayunkan kaki. Saya pernah mendengarkan lagu itu saat perjalanan di bis pariwisata 2 bulan lalu. Penasaran dengan liriknya. Ternyata ya begitulah. Maksud lagu sudah jelas. Ajakan untuk melakukan hubungan intim. Anehnya lagu ini pun dicover dan diganti liriknya oleh mereka yang beraliran nasyid. Ada juga muslimah berhijab yang tak luput tergoda mendendangkannya. 

Lagu Despacito hanya satu dari sekian banyak lagu yang katanya easy listening. Masih banyak deretan lagu yang menyiratkan makna serupa. Pergaulan sebebas-bebasnya. Membiarkan anak muda larut dalam alunan merdu sekaligus mencengkram keimanan mereka perlahan. Ah, terlalu banyak propaganda terselubung lewat lagu-lagu asing. 

“Aku mah gak lihat arti liriknya. Yang penting enak didengar.” ujar mereka membenarkan diri. 

Barangkali getaran-getaran yang harusnya muncul saat Bismillah dan tilawah Qur’an dilantunkan, sebatas melintas ruang dengar tanpa efek apa-apa. Kedua telinga tersumbat oleh ragam bunyi bak polusi suara yang melenakan. Lagu-lagu yang jauh dari makna baik. Sekadar mengikuti tren musik yang sedang happening. Biar kekinian, boleh dong cover lagu atau dengar saja. Boleh-boleh saja sih, tak ada yang melarang.

Satu-satunya persoalan adalah ada baiknya kita jawab pertanyaan dalam diri. Apa kabar keimanan dalam telinga? Sanggupkah kita menggantikan porsi yang seharusnya diisi muroja’ah hafalan dengan lagu-lagu picisan dengan makna yang hina. 

#ODOPfor99days #reminderdiri

Iklan

Silahkan komentar, senang bisa berbagi :-)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s