Melatih Kemandirian Hari ke-6 : Menaruh Sesuatu

Bunda sering menemukan banyak barang tidak pada tempatnya? Handuk tergeletak di kasur, sendal di atas karpet, kadang mainan berserakan dimana-mana. Mau marah? Ah, rasanya lelah. Terlebih Khanza baru beranjak 28 bulan. Sedang masa-masanya jelajah apapun. Saat kerapihan rumah menjadi prioritas segalanya di atas hak anak bereksplorasi. Maka bisa jadi apapun menjadi bahan omelan. Semua hanya soal waktu, Bund… Nikmati saja masa-masa anak banyak mencoba dan masih bisa sering didekap dan dihujani ciuman sayang.

Hari ini Khanza belajar menaruh sesuatu pada tempatnya. Saat celananya basah dan mau ganti baju, Khanza bisa menaruh celana kotornya di ember cucian. Bisa menaruh dengan pas di tempatnya.

Setelah berganti pakaian, ia mulai menaruh barang lain dan memindahkannya dengan judul bermain. Khanza menaruh satu per satu boneka jari di atas alas puzzle karet. Seolah para boneka sedang bobo cantik di atas sana. Setelah semua bonekanya tergeletak indah, ia pun membawa dengan hati-hati dan memindahkannya ke atas kasur di kamar tidur. Oh, Khanza sedang bermain peran ternyata. Sedang mengasuh boneka-bonekanya.

Menaruh barang Khanza sudah mulai terbiasa meski tak selalu rapi dan tak selamanya mengikuti intruksi. Kembali ke tadi, bisa jadi sesekali menaruh barang sesuai kehendak hatinya. Lagi-lagi proses melatih kemandirian pun tak lepas dari komunikasi produktif yang saling melengkapi progress pembiasaan anak di rumah. Yang pasti pelajaran hari ini memahamkan Khanza tentang menaruh atau menyimpan. Dan bundanya harus selalu siap berdamai dengan sesuatu yang berserakan.

#Level2 #tantangan10hari #MelatihKemandirian #BunsayIIP #khanzalayyina #28month #ODOPfor99days

Iklan

Silahkan komentar, senang bisa berbagi :-)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s