Bunsay IIP, Dunia Anak, Essai, Foto dan Cerita, ODOPers

Melatih Kemandirian Hari ke-7 : Naluri Belajar

Saat saya memegang sebuah buku dan tengah membacanya, Khanza langsung tertarik meminjam. Mungkin karena cover bukunya ada ilustrasi kartun.

“Sini Bund, bukunya pinjem, Khanza mau sekolah.” ujarnya sambil memasukkan buku ke tas boneka yang mungil.

Awalnya dia kesulitan saat membuka tas maka saya contohkan caranya membuka risleting. Lalu Khanza mulai memposisikan tangan kanan dan kirinya. Tangan kanan memegang kepala risleting sedangkan tangan kirinya menahan ujung lain agar bisa ditarik dengan mudah.

Setelah berhasil membuka tas dan memasukkan buku, Khanza pun langsung meminta dipakaikan tas untuk berangkat sekolah. Dalam benaknya, ke sekolah berarti bawa buku dan tas. Kecenderungan untuk sekolah sudah ada di usia 28 bulannya. Tapi saya tak ingin terlalu cepat memberinya kesempatan sekolah meski di Playgroup atau PAUD. Rasanya ingin sekali membersamainya dengan kegiatan bermakna di rumah. Meaningful activity dalam pekan yang terbatas. Sabtu Ahad di rumah saat libur mengajar. Karena Senin-Jumat begitu terbatasnya kebersamaan kami. Alhamdulillah sepulang mengajar, Khanza masih ceria berinteraksi.

Kagumnya saat Khanza bisa tersenyum lepas dan bangga saat pakai tas. Semangat untuk belajar hal baru seperti membuka risleting yang awalnya cukup rumit. Kalau sudah begini, biasanya cepuk dan dompet bundanya jadi sasaran bedah segala isinya. Semua benda dikeluarkan dan dijejer satu per satu. 😊😅

Selain itu, Khanza hari ini ikut nimbrung memakai panci yang digunakan untuk merebus air jahe. Dengan panci dan pensil, ia memeragakan cara memasak sesuatu dengan mengoseng-oseng pensil di atas permukaannya. Dari situ saya melihat, segala benda di sekitarnya menjadi sumber keingintahuan dan belajar hal baru.

#Level2 #tantangan10hari #MelatihKemandirian #BunsayIIP #harike7 #khanzalayyina #28month #ODOPfor99days

Iklan

Silahkan komentar, senang bisa berbagi :-)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s