Diposkan pada Bunsay IIP, Dunia Anak, Essai, Foto dan Cerita, ODOPers

Melatih Kemandirian Hari ke-8 : Belajar Bertanggung Jawab

Saat saya mampir untuk menjemput Khanza di rumah neneknya, ruang tamu sudah penuh dengan batang kangkung yang berserakan. Tentu saja semuanya hasil karya Khanza. Lempar sana, lempar sini.

Saya pun coba memintanya untuk membersihkan terlebih dulu sebelum pulang. Dibawalah kantong plastik hitam untuk Khanza membereskan hasil kreasinya. 

Ia pun memungutnya satu per satu dengan teliti. Memastikan tak ada yang tertinggal. Bagaimanapun ia dilatih belajar bertanggungjawab atas perbuatannya​ pelan-pelan. Meski tidak selamanya menurut apalagi kalau sudah datang kantuk, mainan pun kadang dibiarkan berserakan dan Khanza enggan membereskannya. 

“Sudah ya, Bun”, ujarnya setelah memasukkan semua sampah ke keresek hitam.
Meski Khanza selama saya mengajar di neneknya, saya tak ingin ia terlalu dimanjakan. Mencoba menyelaraskan pola asuh antara saya dan ibu saya terhadap Khanza. Kalau sudah mengotori, ya belajar membersihkan. Meski tak bersih sempurna, karena kadang sisanya jadi bagian bundanya, ia bisa belajar tentang arti tanggung jawab dengan sederhana.

Sebelum tidur pun, Khanza sudah mulai bisa dibiarkan sendiri sampai terlelap. Kalau orang Sunda mah, tidak usah dipepende Ia sempat bermain peran dan berceloteh dengan boneka kesayangannya. 

Bobonya sendiri aja, Bun.” 

Satu sisi jujur saja saya salut, juga rasanya merasa ada yang hilang. Kalau dulu sebelum 2 tahun alias disapih, Khanza sangat menempel dengan saya sampai tidur dalam dekapan. Bagaimanapun proses kebersamaan ini tak boleh meluntur. Ada banyak pelukan ketika saya pulang dan disambut ceria olehnya. 

#Level2 #tantangan10hari #MelatihKemandirian #harike8 #BunsayIIP #khanzalayyina #28month #ODOPfor99days 

Iklan

Penulis:

Aku ingin punya ruang yang cukup tuk ekspresikan semua ide dan gagasanku untuk berbagi dengan yang lain. Di sinilah ruang itu...

Silahkan komentar, senang bisa berbagi :-)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s