Diposkan pada Bunsay IIP, Dunia Anak, Essai, Foto dan Cerita, ODOPers

Melatih Kemandirian Hari ke-9 : Memberikan Kepercayaan

Saat mulai berani naik dan memanjat satu per satu anak tangga, apa yang dipikirkan? Mungkin terbersit untuk menyetop pergerakan anak karena khawatir jatuh karena licin dan sebagainya. Namun Khanza di usia 2 tahun 4 bulan ini sudah ingin dibiarkan sendiri. Naik tangga sendirian dan turun pun sendiri. 

Jika naik saya masih bisa biarkan sendiri tapi tetap mengikutinya dari belakang. Namun kalau turun saya masih agak ragu memberikannya kesempatan. 

Ternyata untuk menjangkau kemampuan lain yang lebih menantang adalah tentang memberikan kepercayaan​. Percaya dengan kemampuan si kecil dan yakin kalau dirinya bisa menaklukkan tantangan. Hari ini ia sudah lancar naik tangga. Naik tangga yang sudah sering dilakukannya sejak usia 1,5 tahun lebih. Kadang kalau lengah memperhatikan, tiba-tiba Khanza sudah mencapai anak tangga teratas. 
Yang masih harus dilatih selanjutnya adalah memberikan kepercayaan bagi Khanza untuk Toilet Training. Ini masih PR besar bagi saya karena Khanza belum lepas diapers. Untuk TT, benar-benar perlu konsistensi dan uji nyali kesabaran. 😅Pernah Khanza saya coba tanpa diapers di rumah, alhasil dalam 2 jam kurang ia sudah mengompol dan bilang ketika sudah basah tergenang. Ketika pakai diapers, Khanza pernah bilang ingin pup dan saya cek pupnya belum keluar. Langsunglah saya bergegas membawanya ke kamar mandi. Berharap Khanza mengeluarkan sesuatu di kamar mandi itu rasanya membuat lega. Nah, ketika sudah jongkok di atas kloset, ternyata pupnya tidak keluar-keluar juta setelah bermenit-menit berlalu. Hanya beberapa tetes air pipis yang keluar. 😆😑 “Udah Bun, ga jadi,” ujar Khanza dan saya gontai melangkah keluar. TT masih terus berlanjut dengan upaya tanpa henti. Mungkin ikhtiarnya​ belum maksimal.

Melatih kemandirian memberikan pelajaran bermakna bagi saya untuk siap memberikan kepercayaan sekaligus mau repot di awal. Repot dengan pembiasaan yang konsisten bagi kita dan anak. Dan inilah tantangan sebenarnya, menaklukkan rasa malas dan siap mengarungi repotnya hari agar anak mandiri.

#Level2 #MelatihKemandirian #tantangan10hari #BunsayIIP #khanzalayyina #28month #ODOPfor99days

Penulis:

Aku ingin punya ruang yang cukup tuk ekspresikan semua ide dan gagasanku untuk berbagi dengan yang lain. Di sinilah ruang itu...

Silahkan komentar, senang bisa berbagi :-)

