Diposkan pada Bunsay IIP, Dunia Anak, Essai, Foto dan Cerita, ODOPers

Melatih Kemandirian Hari ke-10 : Luput Bobo Siang 

Sabtu ini Khanza full aktivitas bersama bundanya. Tadinya berharap bisa bobo cantik siang-siang sambil mendekapnya barang sejenak. Iya berharap banget. Apalah daya, energi si kecil itu sesuatu yang memaksa bundanya melek seharian. 

Apapun Khanza lakukan dengan semangat. Tentu saja dengan kegiatan sesuai permintaannya sendiri. Mulai dari ingin bantu bunda menjemur, makan sop sampai airnya tumpah, lihat album foto, hingga aktivitas jelang tidur malam. Bobo siang pun luput begitu saja. Khanza full seharian energik dengan gaya lincahnya. Hingga request susu sebelum tidur.

Saat saya selesai cuci baju, Khanza memaksa ingin bantu sampai angkat satu per satu baju basah yang cukup berat untuknya. Jadi saya coba mengalihkan perhatiannya untuk estafet jepitan baju saja agar tetap membantu sesuai kemampuannya. Masya Allah nalurinya untuk membantu cukup kuat.

Kemudian saat makan, Khanza sempat menumpahkan air sop di lantai dan bisa diarahkan untuk mengelapnya sendiri. Setelah itu ingin lihat album foto dan kucing makan di halaman rumah. 

Aktivitas sore hari, Khanza ingin main puzzle kesukaannya dengan memasang objeknya satu per satu. Masih harus diarahkan untuk menyesuaikan bentuk dan akhirnya girang bertepuk tangan ketika selesai. Puzzle terhampar, ia pun menggelepar merebah santai. Saya kira Khanza mau langsung bobo di atas puzzle-nya. Ternyata kelincahan tetap berlanjut dengan posisi siap-siap beraksi di atas panggung. Khanza menyanyi di atas puzzle-nya sambil goyang sana-sini. 

Setelah itu, ia berinisiatif membawa cangkir dari dapur untuk minum dan meminta dituangkan air di ruang depan. Mau buang sampah bekas cemilannya di tempat sampah dapur. 

Membersamainya di akhir pekan membuat saya berpikir lama dan berandai-andai. Alangkah indahnya jika hari-hari biasa seperti ini. Bisa penuh berada di sisinya. Namun, saya nyatanya masih harus membersamai dalam waktu yang terbatas sepulang mengajar Senin sampai Jumat. Bagaimanapun dalam waktu yang berharga, membersamainya dengan melatih kemandirian adalah sebaik-baik bekal untuk Khanza selanjutnya. Agar ia bisa belajar banyak hal sebagai persiapan bina diri sendiri, bahkan jika saya sudah tak ada di sisinya. Ya Rabb… Kuatkan raga ini, lapangkan hati ini, untuk selalu total mendampingi tumbuh kembangnya. Aamiin.

#Level2 #MelatihKemandirian #tantangan10hari #BunsayIIP #harike10 #khanzalayyina #28month #ODOPfor99days

Iklan

Penulis:

Aku ingin punya ruang yang cukup tuk ekspresikan semua ide dan gagasanku untuk berbagi dengan yang lain. Di sinilah ruang itu...

2 tanggapan untuk “Melatih Kemandirian Hari ke-10 : Luput Bobo Siang 

Silahkan komentar, senang bisa berbagi :-)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s