Bunsay IIP, Dunia Anak, Essai, Foto dan Cerita, ODOPers

Melatih Kemandirian Hari ke-11 : Antara Mandiri dan Egosentris

Tak selamanya proses berjalan mulus, termasuk dalam melatih kemandirian. Ada kalanya berujung tangisan dan mencak-mencak kesal karena kesulitan. Mungkin itu juga pernah saya alami ketika sebelum menikah. 

Seperti halnya kemarin, Khanza tidak tidur siang karena seharian beraktivitas. Sampai-sampai piyamanya mesti diganti karena lengket belepotan makan jeruk sendiri. Saya menunda mengganti bajunya hingga ia mulai mengantuk. 

Mandiri itu kadang anak tak bicara apapun. Tahu-tahu saja barang sudah berantakan karena ia butuh sesuatu. Hari ini Khanza kembali membongkar satu jajar deretan buku untuk membaca buku cerita “Anak Muslim Cerdas”. Buku-buku pun berserakan di karpet. Sebelum saya memintanya membereskan, ia ternyata pup. Dibawalah ke kamar mandi sekaligus ganti baju. 
Setelah selesai membersihkan diri, ia kembali pada aktivitasnya. Buku dibereskan sebisanya dengan ditumpuk dan diselipkan. 

Sebenarnya Khanza sudah mengantuk tapi masih memaksakan diri memindahkan spidol warna ke box kecil. Ketika spidolnya tak cukup untuk ditutup rapat, ia menangis keras. Nah ini sudah puncaknya lelah tapi masih belum mau tidur. Akhirnya saya pun membuatkannya susu. Tak lama kemudian, Khanza tertidur pulas setelah susunya habis. 

Membersamai Khanza hari ini saya berpikir antara mandiri dan egosentris kadang beda tipis. Tapi tergantung bagaimana kita memandang. Khanza mungkin tak mau merepotkan bundanya dengan berinisiatif mengambil buku walau acak-acak dulu. 

Melatih kemandirian lagi-lagi mengajarkan saya tentang memberi kesempatan. Tetap mendampinginya dengan berusaha meminimalisir intervensi. Belajar menahan diri untuk tak selalu membantu “Sini sama Bunda.” Memberinya kesempatan berarti memberikannya ruang sesuai tempo kemampuannya. 

#Level2 #tantangan10hari #MelatihKemandirian #BunsayIIP #khanzalayyina #28month #ODOPfor99days

Iklan

Silahkan komentar, senang bisa berbagi :-)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s