Bunsay IIP, Dunia Anak, Essai, Life Lesson for Mom, ODOPers

Melatih Kemandirian Hari ke-12 : Inisiatif Meminta

Di antara keinginan Khanza yang beragam dan tak terduga, sebenarnya saya pun sedang belajar darinya. Belajar untuk tak selalu meloloskan keinginannya, membimbingnya untuk mengendalikan diri, dan memberikan pengertian tentang tak semua yang diminta langsung terlaksana. 

Lalu apa yang terjadi jika saya langsung mengelak dari permintaannya? 

Kadang ia akan menangis dan berteriak. Lalu saya belajar satu hal lagi tentang pandai-pandai memberikan hal lain untuk mengalihkan perhatiannya. Misalnya, Khanza meminta naik permainan kuda saat saya mampir ke minimarket. Tadi itu sudah lewat Maghrib dan saya tak mungkin membiarkan Khanza kedinginan. Akhirnya saya coba berikan pengertian kalau malam kudanya sudah bobo. Nanti lagi ya. 😅

Di antara sekian keinginannya, saya belajar lagi dan lagi. Selain melatihnya mengendalikan diri juga belajar memberikan sejuta alternatif agar anak tetap dihargai tanpa dicederai hatinya. 

#Level2 #MelatihKemandirian #tantangan10hari #BunsayIIP #khanzalayyina #28month #ODOPfor99days

Silahkan komentar, senang bisa berbagi :-)

