Essai

Melatih Kemandirian Hari ke-13 : Always Say No

Saat semua hal yang ditawarkan kadang berujung penolakan, inilah saatnya berlapang dada. Bukan saja ditolak pasangan 😆, tapi ditolak anak itu kadang buat perih, bingung harus bagaimana. 

Khanza hari ini menolak ditawari tidur. Keukeuh ingin main puzzle. Tadinya kalau ia segera tidur, berharap bundanya bisa menyetrika dengan leluasa. Menolak buang tisu bekasnya mengusap tangan yang dicorat-coret. Semua yang bunda tawarkan berujung dengan kalimat, “Nggak mau.. nda.. Ngga Mauu.” 

Bosan main puzzle, ia pun naik kasur minta dibacakan cerita oleh ayahnya. Khanza menyimak dengan anteng meski dengan posisi cuek. Kepala Khanza dimana, kepala ayahnya dimana. Saya pun sempat menyentuh tumpukan setrikaan. Tak lama kemudian, ayahnya ingin kebelet pipis sebentar. Otomatis saya menggantikannya untuk bercerita. Dicabutlah setrikaan yang sedang panas-panasnya. Okay baiklah merebah dan sambil membacakan buku untuk Khanza. Ternyata Khanza malah nggak mau dan serba salah saat saya ingin mengusap punggungnya. Katanya ingin sama ayah. Ayah kembali ke kamar. Tapi ayahnya juga nggak boleh menggantikan bundanya. Itu nggak mau, ini nggak mau. Menangis ujung-ujungnya. Saya yakin ia sudah mengantuk tapi masih memaksakan diri untuk melek. 

Saya ambil jurus diam seribu bahasa saat bujukan dan rayuan sudah tak lagi berguna. Saat saya berbalik ke sisi lain, Khanza mulai memeluk dari belakang sambil bilang, “Nda, Maaf…”. Ah, meleleh dibuatnya. Ia pun langsung luluh dan mau ditemani sampai tertidur. 

Kadang butuh waktu untuk anak menerima. Saat semua kadang diawali penolakan, siapkan mental sabar agar anak bisa berbalik mencari. Bersikap seolah mengabaikan tapi tetap menunggu responnya, juga bisa menjadi cara ampuh. Teknik pengabaian tapi tidak benar-benar mengabaikan. Kemandirian seringkali anak tetap pada pendirian tapi kita tetap siapkan alternatif agar anak bisa memilih kondisi. 

*terbangun setelah menemaninya tertidur dan menatap nanar pada setrikaan yang masih menggunung 😂😅

#MelatihKemandirian #Level2 #tantangan10hari #BunsayIIP #khanzalayyina #28month #ODOPfor99days

Iklan

Silahkan komentar, senang bisa berbagi :-)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s