Diposkan pada Bunsay IIP, Dunia Anak, Essai, Foto dan Cerita, ODOPers

Melatih Kemandirian Hari ke-14 : Belajar Menyimpulkan 

Sepanjang perjalanan pulang jemput Khanza, seringkali menjadi momen mengobrol dan tanya jawab sederhana. Kalau dulu saat Khanza masih 1 tahun, tidur selalu menjadi andalan saat dibonceng motor. Maka sekarang Khanza memilih terjaga sambil melihat banyak hal di sisi jalan. 

“Itu apa, Nda? Ini apa?”

Saat melintasi jembatan layang, ia melihat ke samping sambil menimpali, “Itu toko ya. Banyak toko-toko di bawah.” 

Seketika saya kagum dibuatnya. Masya Allah, kosa katanya semakin bertambah hari ke hari. Bahkan kadang ia bisa mengaitkan kondisi terkini dengan celoteh khasnya. Menjawab pertanyaannya kadang dengan pertanyaan juga. 

“Khanza lagi apa?” ujarnya. “Hm lagi apa ya?” Ia pun menjawab dengan semangat. “Lagi lihat pesawat.” Benar saja, ia melihat ke atas sambil menunjuk pesawat yang terbang melambung ke atas. 

Saat tiba di rumah, Khanza kembali pada aktivitas mencorat-coret dengan spidol. Lucunya ia menyambungkan spidol satu dengan spidol lainnya. 

“Biar jadi warna merah, Nda.” 😁😅 Seolah saya sedang mendengar transfer warna lewat aksi lucunya. Belajar memberikan pernyataan lewat percobaan sederhana. Kemudian ia coba menutup spidol dengan tutup yang berwarna lain. 

“Mau minum ah.” Tanpa meminta, Khanza berlari ke arah dapur dan mengambil tempat minum sendiri. Saya hanya mengamatinya dari belakang dan ia pun kembali duduk di karpet. 

Alhamdulillah, fitrah belajar itu semakin kuat jika diberikan momentum. Memberikan sedikit saja kesempatan bisa terpancar dengan kuat, apalagi membersamainya dengan penuh. 

Menyimpulkan ekspresi 😅😆

#Level2 #MelatihKemandirian #tantangan10hari #BunsayIIP #khanzalayyina #28month #ODOPfor99days

Iklan

Penulis:

Aku ingin punya ruang yang cukup tuk ekspresikan semua ide dan gagasanku untuk berbagi dengan yang lain. Di sinilah ruang itu...

Silahkan komentar, senang bisa berbagi :-)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s