Sebuah Dekorasi Kelas

pwpoint

Prakarya Kelas 9 kali ini fokus pada tema kerajinan Fungsi Hias. Kalau dulu kelas 7 dan 8 fokus pada sebuah objek dengan material tertentu, maka kelas 9 lebih pada menerapkan display fungsi visual-spasial. Memanfaatkan space kelas dan menata kreasi di dalamnya. Jujur saja, dari pertemuan pertama hingga kini, belum ada titik temu dekorasi seperti apa yang pas. Karena anak-anak di ujung episode putih-birunya seolah tak lagi punya banyak ide seperti awal masuk SMP. Mereka terhenti pada suatu titik jenuh bernama banyak tugas mapel lain dan belum lagi jelang fase ujian beruntun di semester 2. Berarti proyek dekorasi ini tantangan mendebarkan!

Tantangan ini sebenarnya melatih mereka untuk memposisikan diri sebagai tuan rumah di kelas sendiri. Bertanggungjawab atas kreasi dan mengondisikan kelas agar serasa hommy. Menciptakan display kreatif yang membuat mata segar dan semangat belajar makin berkobar. Eeaaa! πŸ˜€

Nah, proses detik ini masih di tataran konsep alias merancang dulu sedemikian rupa. Ada yang protes, kenapa nggak langsung praktek aja dengan bahan yang ada. Saya sebenarnya kecewa juga kalau bahan utama anak-anak ternyata lagi-lagi, mengandalkan KARTON terus tempel di dinding kelas. Kok rasanya kurang gereget dan mentok ide.

Banyak ide bertebaran begitu kita googling “DIY Classroom Decor”. Nah, tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan dan yang dirasa menarik. Misalnya berikut ini:

  1. Gantungan Quotes
pin1
Sumber : https://id.pinterest.com/pin/36028865743092796/

2. Banner Lingkaran

Nantinya bisa diganti dengan foto anggota kelas.

banner kid
Sumber : http://www.classroomdiy.com/2012/05/diy-circle-banners.html

3. Modifikasi Posisi Jam Dinding

focus
Sumber : https://id.pinterest.com/pin/194428908892846435/

4. Papan Sticky Notes sebagai Reminder

stick notes
Sumber : https://id.pinterest.com/pin/AW3ThhzfAkX5dazwqhEoLJ-wVfeEL6zav3CQdA9Tjw3FK3SS2uXuaeo/

5. Papan Aturan Kelas (Reminder)

rules
Sumber : https://id.pinterest.com/pin/153122456061124225/

6. Papan Reminder Hari

Keren kalau setiap hari ada beberapa hal yang diingat dan ditargetkan untuk dicapai. Hari ini kita belajar …

today
Sumber : https://id.pinterest.com/pin/562738915930418210/

Sungguh terlalu banyak ide bertebaran di berbagai laman visual, seperti Instagram dan Pinterest. Dengan memakai hashtag #classroomideas dan pin:classroomdecor.

Saking banyaknya bisa jadi kita bingung mau mengambil ide yang mana. Maka ketika berhadapan dengan lautan ide, jurus paling ampuh adalah ATM, Amati baik-baik, Tiru bagaimana tampilannya, dan MODIFIKASI untuk disesuaikan dengan space kita sendiri.

Oiya jangan lupa bahan utamanya lebih variatif lagi ya, karena material dekorasi bukan cuma karton alias kertas semata. Tambahkan variasi seperti kain, kanvas, triplek, tali, dan material lainnya.

ig
Sumber : https://www.instagram.com/explore/tags/classroomideas/

pin
Sumber : https://id.pinterest.com/search/pins/?q=Classroom%20decor&rs=typed&term_meta%5B%5D=Classroom%7Ctyped&term_meta%5B%5D=decor%7Ctyped
Selamat mendekor kelas!

Iklan

Silahkan komentar, senang bisa berbagi :-)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s