Infodoodle Imajinatif

Doodle dan infodoodle, ayo jawab apa bedanya? ๐Ÿ˜…

“Doodle mah ngga ada infonya, Bu.” ujar seorang anak yang langsung celetuk tapi eh iya sih bener juga. ๐Ÿ˜ Meskipun nggak dan infonya, Doodle juga menyimpan makna yang tersirat.

Pembelajaran Prakarya Kelas 8 pekan lalu sedikit berbeda karena mereka sejenak melepas kata-kata yang terngiang dalam benak dalam simulasi “tepuk-sambung-kata”. Awalnya, anak-anak belum tahu arah berkreasi ditentukan dari kata yang mereka sebutkan. Saking kagetnya, ada beberapa di antaranya yang menyesal karena menyebutkan kata yang sulit divisualisasikan menjadi infodoodle.

Memangnya gimana sih simulasinya? ๐Ÿ˜Š

Anak-anak dikondisikan membentuk lingkaran kecil atau memastikan mereka saling terhubung dan bisa saling menepuk tangan ke samping temannya. Anak laki-laki dan perempuan berbeda timing dan posisinya. Mereka saling bergiliran menyimak temannya memulai. Jadi nuansa infodoodle yang dibuat semua ditentukan oleh orang yang menepuk dan menyebutkan kata pertama kalinya. Dari dua kelas bisa jadi dua tema besar berbeda, anak laki-laki memyambungkan kata bermula dari kata “Domba”, sedangkan anak perempuan menyebutkan kata yang berkaitan dengan kata pertama “Handphone”. 

Hasilnya, mereka sempat mentok ide karena aturan mainnya mereka sama sekali nggak boleh  googling untuk melihat contoh gambar dari kata yang disebutkan. Pokoknya mengandalkan imajinasi sendiri. ๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜†

Alhamdulillah beberapa di antaranya memang berhasil melepaskan emosi lewat gambar dan apa yang ada di otak langsung digoreskan. Berharap mereka punya pemikiran begini, coba kalau aku banyak baca tentang kata “A” pasti visualisasinya lebih variatif dan nggak mampet ide.

Iklan

Silahkan komentar, senang bisa berbagi :-)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s