Sebuah Code of Conduct

Sesi baru pada perkuliahan Bunda Sayang dimulai. Sebelum memasuki cawu dua perkuliahan, saya benar-benar diingatkan lagi tentang sebuah etika berharga dalam menuntut ilmu. 

Kembali diingatkan tentang kehati-hatian menyerap dan membagikan sumber ilmu. Terutama perkuliahan Bunsay. Teringat saat sesi matrikulasi dulu, begitu semangatnya saya membagikan hasil resume gaya Doodle di grup Whatsapp matrikulasi, sesekali di medsos IG dan FB. Ternyata semakin kesini saya mengerti bahwa niat baik tak selamanya sesuai jalur etika yang seharusnya. Cukup saja jadi bahan pembelajaran sendiri agar orang lain pun tak keliru memanfaatkan dan asal copas. Bahkan untuk yang belum bergabung menjadi member IIP. Bisa jadi punya asumsi tak usah bergabung saja karena materi inti dan resumenya pun sudah bertebaran di media sosial. 

Bersih-bersih area galeri virtual di medsos. Benar-benar menyaring mana yang perlu dibagi, mana yang cukup disimpan sendiri. Berjuang menjadi peserta yang bermartabat dan bertanggungjawab selama perkuliahan berlangsung. 

Terutama menjadi seorang peserta yang aktif saat sesi diskusi. Saya merasa belum maksimal karena sesekali masih harus scroll layar terlampau jauh karena tertinggal sesi diskusi. Akhirnya saya mengandalkan corat-coret materi belakangan saat yang lain sudah berbincang langsung on time diskusi.

Code of Conduct ini begitu penting dalam sebuah keberlangsungan komunitas. Bukan saja memahamkan tentang pedoman dan kesepakatan-konsekuensi namun benar-benar aktualisasi konsep adab sebelum ilmu. Ya, seperti yang Ibu Septi Peni Wulandani sampaikan, bahwa “Adab sebelum Ilmu dan Ilmu sebelum Amal, maka karakter adalah yang pertama dan utama dalam sebuah perkembangan sebuah komunitas pendidikan.” 

#ODOPfor99days

Iklan

Silahkan komentar, senang bisa berbagi :-)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s